Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Observasi dengan Model Experiential Learning Berbasis “Tanggap Budaya” di SMK Negeri 4 Madiun

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Sholeh Universitas PGRI Madiun
  • Wiwik Sriani Universitas PGRI Madiun

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan produktif yang sulit bagi sebagian besar siswa SMK. Salah satu faktor penyebabnya ialah pembelajaran menggunakan model penugasan dengan kebebasan akses internet tanpa melibatkan pengalaman langsung. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memaparkan proses sekaligus hasil peningkatan keterampilan menulis laporan observasi dengan model Experiential Learning berbasis "Tanggap Budaya" di Kelas X SMK Negeri 4 Madiun. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Berpedoman pada hasil sekaligus pembahasan penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa: (1) proses peningkatan keterampilan menulis laporan observasi dengan model Experiential Learning berbasis "Tanggap Budaya" di Kelas X SMK Negeri 4 Madiun telah berlangsung sebagaimana alur PTK Kemmis dan Mc. Taggart (Arikunto, 2015) melalui dua siklus penelitian dan empat pertemuan dengan tahapan yang terstruktur, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, hingga refleksi. (2) keterampilan menulis laporan observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Madiun berhasil ditingkatkan dengan model Experiential Learning berbasis "Tanggap Budaya". Adapun hasil tersebut tampak dari adanya progres ketuntasan belajar yang meningkat setiap siklusnya, yakni sebesar 38,35% dari pra siklus (32,35%) ke siklus I (70,6%). Sementara itu, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar (23,52%), yakni dari persentase 70,6% ke 94,12%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles