Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pertidaksamaan Harga Mutlak

Authors

  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jrp.v2i2.18007

Keywords:

Berpikir visual, Calon guru, Menyelesaikan masalah

Abstract

Visualisasi yang digunakan untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah dapat menunjukan tingkat pemahaman konsep.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil berpikir awal, visual awal, dan visual geogebra mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan harga mutlak. Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan penentuan subjek penelitian, pengembangan istrumen, pengambilan data, reduksi dan paparan data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan.  Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Univrsitas PGRI Madiun semester 5 pada tahun 2023 yang berjumlah 8 mahasiswa. Diperoleh beberapa hasil penelitian. Profil berpikir awal mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan harga mutlak adalah analitis. Profil berpikir visual awal mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan harga mutlak adalah visual sederhana. Profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan harga mutlak adalah geogebra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, U. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pertidaksamaan Harga Mutlak. Fkip. UM-Palembang. ac. id, 2(1).

Darmadi, D. (2015). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Laki-Laki Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/231.

Darmadi, D. (2016, November). Profil Berpikir Visual Level Pemrosesan Pembayangan Mental Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Darmadi, D. (2017). Identifikasi Kesalahan Berpikir Visual Mahasiswa dalam Menggambar Grafik Fungsi Real. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 140-144. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.66

Darmadi, D., & Handoyo, B. (2016). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dengan Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/396

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya Literasi Teknologi bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14-18.

Perdata, I. B. K., & Putra, I. G. N. N. (2018). Studi Kasus Tentang Kemampuan Analisis Mahasiswa pada Konsep Harga Mutlak. Media Bina Ilmiah, 12(11), 581-590.

Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Hal M–527.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Widjajanti, D. B. (2009, December). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. In Seminar Nasional FMIPA UNY (Vol. 5). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, N. P., Naovitasari, D., Junaidi, J., & Baidowi, B. (2021). Pandangan Mahasiswa: Pentingnya Kemampuan Information and Communication Technology (ICT) Bagi Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 266-275.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles