Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kantong Bilangan pada Siswa Kelas 1 SDN Kedungpanji 3
Keywords:
Hasil belajar Matematika, Problem Based Learning, Media Kantong BilanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Media Kantong Bilangan. Subyek penelitian ini melibatkan siswa kelas 1 SDN Kedungpanji 3 Kecamatan Lembeyan tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan desain model McTaggart mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data di analisis secara statistik deskriptif kuantitatif dengan penentuan KKM yaitu 70. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat setelah menerapkan model problem based learning dengan bantuan media kantong bilangan antara siklus 1 ke siklus II. Sebelum diberi tindakan, nilai matematika siswa yang memenuhi KKM hanya 3 atau 37,5% siswa. Pada kegiatan siklus I mengalami peningkatan sebanyak 5 atau 62,5% siswa sudah tuntas. Sedangkan tindakan siklus II meningkat sebanyak 7 atau 87,5% siswa mencapai ketuntasan. Hasil belajar yang didapatkan dari siklus I dan siklus II meningkat sebanyak 68,75 menjadi 81,25. Dengan demikian, dapat disimpulkan penelitian ini dianggap berhasil dengan menerapkan model PBL berbantuan media kantong bilangan karena adanya peningkatan hasil belajar matematika dan nilai rata-rata meningkat di kelas 1 Sekolah Dasar.
Â
Downloads
References
Ade, A., Putri, A., Swatra, I. W., Made Tegeh, I., Pgsd, J., & Tp, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Journal For Lesson And Learning Studies, 1.
Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963–6972. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i5.3845
Astuti, R., Nuvitalia, D., & Prima Artharina, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Di Sdn Sambirejo 02 Semarang. Journal Of Social Science Research, 3, 136–148.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). Https://Doi.Org/10.26486/Jm.V3i2.694
Marwati, V., & Setyawan, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Tema 7 Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik Di Sdn Kamal 3. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 592–605. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V3i7.1042
Sabilla, M. A., Bagus, I., Gunayasa, K., Tahir, M., Fkip, P., & Mataram, U. (2022). Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pada Siswa Kelas Iii Sdn 1 Cakranegara Tahun Ajaran 2022.
Setiana, F., Sri Rahayu, T., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6. Http://Jurnal.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Jpmat/Index
Vitasari, R., Chrysti Suryandari, K., & Pembimbing, Dosen. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Kutosari.
Widayanti, R., Dwi Nur, K., & Yppk Yoanes Xxiii Merauke, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dan Aktivitas Siswa. In Mathema Journal E-Issn (Vol. 2, Issue 1).
Zulva, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Kelas Iv Sdn 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 812–820. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.627