Penerapan Model Pjbl untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 4 pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Aminatus Sa’adah Universitas PGRI Madiun
  • Sujoko Sujoko SD Negeri Lembeyan Wetan 4

DOI:

https://doi.org/10.25273/.v2i1.17525

Keywords:

Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 4 di kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan observasi dan refleksi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL memberikan dampak positif dalam pembelajaran, dengan siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua menunjukkan bahwa PjBL adalah model pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hambatan-hambatan yang ditemukan pada siklus pertama berhasil diatasi pada siklus kedua melalui refleksi dan perbaikan. Kesimpulannya, PjBL dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan. Upaya terus menerus dalam mengimplementasikan PjBL secara baik dan terarah dapat membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Billy, G., Sutrisna, B., Wayansujana, I., & Ganing, N. N. (2019). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya, 1(2). 86-87.

Efrimal, F., Kurnia, N., & Wasidi. (n.d.). (2017). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kecermatan dan Kreasi Seni Rupa (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Seluma). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 55-58.

Hakim, A. (2020). Teori Pendidikan Seumur Hidup dan Pendidikan Untuk Semua. Jurnal Teori Pendidikan 1(2). 62.

Marzuki, K., & Natsir, N. (n.d.). (2021). Model Project Based Learning dalam Setting Pembelajaran Daring pada Pebelajar Orang Dewasa (Studi pada Program Kesetaraan Satuan Pendidikan Nonformal). 1956-1958.

Mayangsari, S. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Project Based Learning (PjBL). Jurnal Ilmiah. 19(2). 34-35.

Desi, B. B., & Sholeh H. (n.d). (2022) Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6). 7912.

Rahman, S. (n.d.). (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 297-298.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Antara, G. B., Suka Arsa, I. P., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X BB2. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2). 56-57.

Widayati, A. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.8(1).

Downloads

Published

2023-08-16

Issue

Section

Articles