Karakteristik antropometri dan kondisi fisik atlet bola voli

Doni Atmanegara, Bagus Aryatama, Alvin Yanuar Rahman, Andika Yahya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik antropometri dan kondisi fisik atlet bola voli Caroline Club. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, data didapatkan dari hasil tes dan pengukuran antropometri dan kondisi fisik atlet. Sumber data yang digunakan adalah atlet bola voli Caroline Club dengan kategori junior usia 17 tahun. karakteristik antropometri yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinggi badan, berat badan, panjang lengan dan panjang tungkai, sedangkan karakteristik kondisi fisik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecepatan, kekuatan, kelincahan, power dan fleksibilitas. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa 1) antropometri; a) tinggi badan rata-rata sebesar 42,5% tergolong kategori sedang b) berat badan rata-rata 35% tergolong kategori sangat baik, c) panjang lengan rata-rata sebesar 47,5% tergolong kategori sedang 2) kondisi fisik; a) kecepatan rata-rata 27,5 tergolong kategori sangat kurang sekali.


Keywords


antropomteri, kondisi fisik, bola voli

Full Text:

PDF

References


Anderson, Marcia K., Gail P. Parr, and Susan J. Hall. 2009. Foundations Of Athletic Training Prevention, Assessment, and Management Fourth Edition. USA: Wolters Kluwer.

Bompa, Tudor, and Carlo Buzzichelli. 2015. Periodization Training for Sports-3rd Edition. https://books.google.com/books?id=Zb7GoAEACAAJ&pgis=1.

Dikdik zafar sidik, paulus L. Pesurnay, Luky Afari. 2019. Pelatihan Kondisi Fisik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Endrawan, I. B, M Indarta, and M. Martinus. 2022. “Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Servis Atas Bola Voli.” Journal on Teacher Education 4(1): 423–31.

Eristikamaya, D. E, and M. Irsyada. 2019. “Perbandingan Kondisi Fisik Dan Antropometri Atlet Bolavoli Putri Klub Eagle SC Surabaya Dengan Klub Sparta Sidoarjo.” Jurnal Prestasi Olahraga 2(4).

Fauzi, F, R Dwihandaka, O. I. Pamungkas, and M. N. Silokhin. 2021. “Analisis Biomotor Kecepatan Reaksi Pada Pemain Bola Voli Kelas Khusus Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta.” Keolahragaan 9(2): 246–55.

Handayani, M. S, C. M Dwiriani, and H. Riyadi. 2013. “Hubungan Komposisi Tubuh Dan Status Gizi Dengan Perkembangan Seksual Pada Remaja Putri Di Perkotaan Dan Perdesaan.” Gizi dan Pangan 8(3): 181–86.

Hasanuddin, M. I, and H. Hasruddin. 2018. “Kontribusi Antara Kecepatan, Kelincahan Dan Koordinasi Mata-Kaki Dengan Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Mts Negeri 1 Kotabaru.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 6(1).

Jacobs, Petrick L. 2018. NSCAs Essentials of Training Spesial Populations. Canada: Human Kinetic.

Kardiyanto, D. W, and B Wijanarko. 2021. “Antropometri Dan Biomotorik Atlet Bolavoli Duduk Paralympic Indonesia Ditinjau Dari Karakteristik Cidera Dan Kualitas Kondisi Fisik.” endidikan Jasmani dan Olahraga 5(1): 136–45.

Lukito, W. A. 2020. “Pengaruh Promosi Dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa.” Journal of Economics and Accounting 1(2): 90–95.

Munizar, M, R Razali, and I. Ifwandi. 2016. “Kontribusi Power Otot Tungkai Dan Power Otot Lengan Terhadap Pukulan Smash Pada Pemain Bola Voli Club Himadirga Fkip Unsyiah.” Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 2(1).

Mutma’inah, S. 2017. “Pendekatan Integratif: Tinjauan Paradigmatif Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah.” Elementary, Islamic Teacher 5: 121–52.

Nasrulloh, Ahmad. 2021. Pengukuran Dan Metode Latihan Kebugaran. 1st ed. Yogyakarta: UNY Press.

Pane, B. S. 2015. “Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan.” Pengabdian kepada masyarakat 21(79): 1–4.

Pratomo, C, and A Gumantan. 2020. “Hubungan Panjang Tungkai Dan Power Otot Tungkai Dengan Kemampuan Tendangan Penalty.” Physical Education 1(1): 10–17.

Putra, A. Y. 2017. “KONTRIBUSI POWER OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TUBUH SECARA TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT ATLET BOLA BASKET SMP NEGERI 1 PASAMAN.” Jurnal Ilmu Kependidikan 15(1).

Rachmalia, D. S, and A. S. Lengkana. 2022. “PROFIL KONDISI FISIK ATLET BOLA VOLI PADA KLUB TECTONA KOTA BANDUNG.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 6(2).

Rohmah, M. Q, and M Purnomo. 2018. “Pengaruh Latihan Chest Press Resistance Band Dan Push up Terhadap Kekuatan Otot Lengan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Prestasi Olahraga 1(4).

Sahril, S, and S. Sukirno. 2017. “Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Togok Dengan Hasil Smash Semi Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Putra Kelas X Sekolah Menengah Atas.” urnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan 6(2).

Snarr, brad J. Schoenfeld and Ronald L. 2022. NSCA’S Essentials Of PersonalTraining Third Edition. Third. Canada: Human Kinetic.

Susanto, Nugroho, and Lismadiana Lismadiana. 2016. “Manajemen Program Latihan Sekolah Sepakbola (SSB) GAMA Yogyakarta.” Jurnal Keolahragaan 4(1): 98.

Wahyuri, Bafirman HB dan Asep Sujana. 2019. Pembentukan Kondisi Fisik. Depok: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract has been read : 404 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v6i2.18119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.