Penerapan Modifikasi Permainan Tradisonal Jala Ikan Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Passing Sepak Bola Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Suruhkalang

Authors

  • Aditya Yoga Prabowo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gatot Jariono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vera Septi Sistiasih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpos.v5i2.16395

Keywords:

Modifikasi, Permainan Tradisional, Jala Ikan, Passing, Sepak Bola.

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengetahui penerapan dan pengaruh modifikasi permainan tradisional jala ikan dalam meningkatkan teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas IV SDN 2 Suruhkalang dan Manfaat penelitian: 1. Meningkatkan teknik dasar passing sepak bola, 2. Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru Pendidikan Jasmani, 3. Meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang terdapat 4 tahap, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi permainan tradisional jala ikan meningkatkan teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas IV SDN 2 Suruhkalang. Dari hasil observasi terhadap 16 siswa. siklus I terdapat 10 siswa mendapatkan kriteria “tuntas†dengan ketuntasan belajar 62,50%. adapun 2 siswa dengan keterangan “baik†dan ketuntasan belajar 12,50%, 8 siswa dengan keterangan “cukup†dan ketuntasan belajar 50,00%, dan 6 siswa dengan keterangan “kurang†dan mendapatkan kriteria “tidak tuntas†dengan ketuntasan belajar 37.50%. Adapun, Siklus II mengalami peningkatan berupa 16 siswa mendapatkan kriteria “tuntas†dengan ketuntasan belajar 100%. 1 siswa dengan keterangan “sangat baik†dan ketuntasan belajar 6,25%, 3 siswa dengan keterangan “baik†dan ketuntasan belajar 18,75%, dan 12 siswa dengan keterangan “cukup†dan ketuntasan belajar 75,00%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Indarto, P. (2014). Sport Court. Modifikasi Fasilitas Sport Court Multi Fungsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Dasar Di Kota Surakarta, 403, 4115.

Jariono, G., Subekti, N., Sistiasih, V. S., Fatoni, M., & ... (2022). Pkm Pendampingan Dan Pelatihan Olahraga Renang Untuk Anak Usia Dini. … Journal of Community …, 2(1), 12–19. http://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/view/50%0Ahttp://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/download/50/57

Nurhidayat, N., Jariono, G., Sudarmanto, E., Khumairo, K. F., Khoirur Rozikin, A. A., & Nugroho, H. (2022). PKM Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 179–189. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21878

Saputra, A., Muzaffar, A., Alpaizin, M., & Wibowo, Y. G. (2019). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Pemain Sepak Bola Ssb Pratama Kabupaten Batanghari. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/ijssc.v1i1.6311

Syahidu, S. Y. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan teknik dasar passing sepak bola melalui modifikasi permainan crossbar colour 1. 3(1), 190–196.

Syofnida Ifrianti, & Volume, P. D. (2015). Implementasi metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar ips di madrasah ibtidaiyah. 2, 150–169.

Trisnaningrat, M. A. N. (2019). Inovasi Pembelajaran Student Centered Learning Dalam Pendidikan Agama Hindu di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke 1, 385–392.

Wicaksana, R. (2022). 1 , 2 1,2. Pengaruh Direct Instruction Model Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Atas, 8(September), 101–106.

Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Jurnal Porkes ( Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi ) Jurnal Porkes ( Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi ). Jurnal Porkes, 5(1), 245–259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1

Yuliawan, E., & Indrayana, B. (2019). Cerdas Sifa, Edisi 1 No.1. Mei 2019. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 1, 1–12.

Downloads

Published

2022-08-25

Issue

Section

Articles