Penerapan Modifikasi Permainan Tradisonal Jala Ikan Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Passing Sepak Bola Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Suruhkalang
DOI:
https://doi.org/10.25273/jpos.v5i2.16395Keywords:
Modifikasi, Permainan Tradisional, Jala Ikan, Passing, Sepak Bola.Abstract
Penelitian dilakukan guna mengetahui penerapan dan pengaruh modifikasi permainan tradisional jala ikan dalam meningkatkan teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas IV SDN 2 Suruhkalang dan Manfaat penelitian: 1. Meningkatkan teknik dasar passing sepak bola, 2. Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru Pendidikan Jasmani, 3. Meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang terdapat 4 tahap, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi permainan tradisional jala ikan meningkatkan teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas IV SDN 2 Suruhkalang. Dari hasil observasi terhadap 16 siswa. siklus I terdapat 10 siswa mendapatkan kriteria “tuntas†dengan ketuntasan belajar 62,50%. adapun 2 siswa dengan keterangan “baik†dan ketuntasan belajar 12,50%, 8 siswa dengan keterangan “cukup†dan ketuntasan belajar 50,00%, dan 6 siswa dengan keterangan “kurang†dan mendapatkan kriteria “tidak tuntas†dengan ketuntasan belajar 37.50%. Adapun, Siklus II mengalami peningkatan berupa 16 siswa mendapatkan kriteria “tuntas†dengan ketuntasan belajar 100%. 1 siswa dengan keterangan “sangat baik†dan ketuntasan belajar 6,25%, 3 siswa dengan keterangan “baik†dan ketuntasan belajar 18,75%, dan 12 siswa dengan keterangan “cukup†dan ketuntasan belajar 75,00%.
Downloads
References
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Indarto, P. (2014). Sport Court. Modifikasi Fasilitas Sport Court Multi Fungsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Dasar Di Kota Surakarta, 403, 4115.
Jariono, G., Subekti, N., Sistiasih, V. S., Fatoni, M., & ... (2022). Pkm Pendampingan Dan Pelatihan Olahraga Renang Untuk Anak Usia Dini. … Journal of Community …, 2(1), 12–19. http://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/view/50%0Ahttp://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/download/50/57
Nurhidayat, N., Jariono, G., Sudarmanto, E., Khumairo, K. F., Khoirur Rozikin, A. A., & Nugroho, H. (2022). PKM Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 179–189. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21878
Saputra, A., Muzaffar, A., Alpaizin, M., & Wibowo, Y. G. (2019). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Pemain Sepak Bola Ssb Pratama Kabupaten Batanghari. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/ijssc.v1i1.6311
Syahidu, S. Y. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan teknik dasar passing sepak bola melalui modifikasi permainan crossbar colour 1. 3(1), 190–196.
Syofnida Ifrianti, & Volume, P. D. (2015). Implementasi metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar ips di madrasah ibtidaiyah. 2, 150–169.
Trisnaningrat, M. A. N. (2019). Inovasi Pembelajaran Student Centered Learning Dalam Pendidikan Agama Hindu di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke 1, 385–392.
Wicaksana, R. (2022). 1 , 2 1,2. Pengaruh Direct Instruction Model Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Atas, 8(September), 101–106.
Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Jurnal Porkes ( Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi ) Jurnal Porkes ( Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi ). Jurnal Porkes, 5(1), 245–259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1
Yuliawan, E., & Indrayana, B. (2019). Cerdas Sifa, Edisi 1 No.1. Mei 2019. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 1, 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.