Motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa olahraga
DOI:
https://doi.org/10.25273/jpos.v5i2.16392Keywords:
Tingkat motivasi, intrinsik, ekstrinsik, UKM olahragaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa Universitas PGRI Madiun dalam mengikuti unit kegiatan mahasiswa olahraga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Sumber data penelitian antara lain yaitu mahasiswa Universitas PGRI Madiun yang mengikuti UKM olahraga. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan pendefinisian kontrak, penyidikan faktor dan penyusunan pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskristif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut : Berdasarkan hasil penelitian pada faktor intrinsik yang masuk dalam kategori sangat setuju diketahui dengan skor 302 sebesar 42,3%, setuju dengan skor 312 sebesar 43,7%, tidak setuju dengan skor 82 sebesar 11,48% dan sangat tidak setuju dengan skor 18 sebesar 2,52%. Berdasarkan hasil penelitian pada faktor ekstrinsik yang masuk dalam kategori sangat setuju diketahui dengan skor 262 sebesar 36,29%, setuju dengan skor 362 sebesar 50,14%, tidak setuju dengan skor 78 sebesar 10,80% dan sangat tidak setuju dengan skor 20 sebesar 2,77%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : hasil tersebut dapat disimpulkan tingkat motivasi intrinsik mahasiswa mengikuti UKM olahraga sebagian besar adalah setuju dengan persentase 43,7%, hasil tersebut dapat disimpulkan tingkat motivasi mahasiswa faktor ekstrinsik mengikuti UKM olahraga sebagian besar adalah setuju dengan persentase 50,14%.
Downloads
References
Abidin, A. M. (2017). Motivasi Partisipasi Peserta UKM Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05.
Abidin, A. M. (2017). Motivasi Partisipasi Peserta UKM Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05.
Dinata, V. C., Priambodo, A., Hariyanto, A., Ristanto, K. O., & Prakoso, B. B. (2020). Evaluasi penerapan blended learning berdasarkan kualitas model dan motivasi belajar mahasiswa-atlet. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14462
Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1). https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63
Marzuki, A., Armareo, C., & Rahayu, Pipit, F. (2020). Praktikum Statistik. Ahlimedia Press.
Muskanan, K. (2014). Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik, dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Kebijakan Publik, 5(3).
Putra, A. K., & Frianto, A. (2018). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kepuasan Kerja. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 59. https://doi.org/10.26740/bisma.v6n1.p59-66
Putra, M. F. P. (2020). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa di Papua? Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.24415
Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Sulihin, S., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). Motivasi Mahasiswa. 4(2), 51–55.
Surayya, R. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian kesehatan. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.