Permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani pada siswa SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi

Anton Tri Laksono, Titin Kuntum Mandalawati

Abstract


Kebugaran jasmani erat kaitannya dengan manusia dalam melakukan pekerjaan dan bergerak. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani pada siswa SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, dikatakan true experimental design karena dalam desain ini, peneliti dapat mengontrol semua variable luar yang mempengaruhi jalanya eksperimen. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5A dan 5B SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe yang berjumlah 26 siswa. Kelas 5A yang berjumlah 14 menjadi kelas eksperiment dan kelas 5B yang berjumlah 12 menjadi kelas kontrol. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani pada siswa SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung = 6.765. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.160 untuk α 5% dengan dk= 13 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Permainan Tradisional dan Kebugaran Jasmani.

Full Text:

PDF

References


Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Amianto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Guzila Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Luwung 02 Tahun 2016. Unnes.

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Annisa Fathoni Abidah. (2019). Sikap Kerjasama melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 104. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36332

Arum Sari. (2017). Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Sebagai Potensi Lokal Untuk Kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B Di Tk Tunas Rimba I Sumbawa Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. 87(1,2), 149–200.

Bryantara, O. F. (2017). Factors That are Associated to Physical Fitness (VO2 Max) of Football Athletes. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 237. https://doi.org/10.20473/jbe.v4i2.2016.237-249

Candra, A. (2016). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di tk bhinneka karya tunggulsari dan tk islam bakti viii wonorejo. Bulletin of the Seismological Society of America, 106(1), 6465–6489. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-013-0646

Eko Zulki Wijayanto. (2012). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1). https://doi.org/10.15294/active.v1i1.264

F. Abdurrahim1, I. Hariadi2. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SDNTulungrejo 03 Daerah Dataran Tinggi Kecamatan Bumiaji Kota Batu Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Ilmu Keolahragaan, 2(1), 68–73.

Fahrizqi, E. B., Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olahraga Selama. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 0383, 53–62.

Fikri, A. (2018). Studi Tentang Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Penjaskes Stkip-Pgri Lubuklinggau. Jurnal Gelanggang Olahraga, Volume 1,(e-ISSN : 2597-6567), 1689–1699.

Giriwijoyo, H. Y. S. S., & Sidik, D. Z. (2010). Konsep Dan Cara Penilaian Kebugaran Jasmani Menurut Sudut Pandang Ilmu Faal Olahraga. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 2(1), 9.

Gozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismatul Khasanah. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 59–74.

Izza, S., Nurizqi, T. L., & Ayuningrum, R. D. (2018). Permainan Tradisional (Gobak Sodor) Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global,” 0291, 80–85.

Katarina. (2014). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Permainan Bentengan Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri 8 Poring Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1.

Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(2), 108. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3463

Mardayani, K. T., Mahadewi, L. P. P. &, & Magta, M. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Di PAUD Widhya Laksmi. Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2)(2), 1–10.

Muslimah Ika, Ramadhan Lubis, dan H. H. (2018). Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik. Jurnal Raudhah, 06(02). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/279/274

Nurastuti, M. F. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Interaksi Sosial Anak Asuh di Panti Yatim Hajah Maryam Kalibeber Wonosobo. Wacana, 7(2), 1–14.

Okwita, A. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–33. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720

Paiman. (2009). Olahraga Dan Kebugaran Jasmani (Physical Fitness) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 270–281. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.304

Ringgo Alfarisi, Wahyu Karhiwikarta, D. H. (2013). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati. Dunia Kesmas, 2(1), 51–56.

Salam, F. B. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Sport Science and Health, 1(3), 243–250. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11362

Sandey Tantra Paramitha1, Dewi Susilawati2, L. H. L. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa (Survei pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Kayuambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Motion, VIII, 90–99.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20 no 2, 223–233. https://www.google.

Suwarto. (2007). Dasar Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif. UNS Press.

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810

Zulfikar, Z., & Mukson, M. (2019). Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olympia, 1(2), 33–39. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v1i2.749


Article Metrics

Abstract has been read : 182 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v5i2.16388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.