Game Mophy (Monopoly Physics) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Penguasan Konsep Siswa

Authors

  • Andista Candra Yusro Universitas PGRI Madiun
  • P Purwandari Universitas PGRI Madiun
  • Tria Nanditasari Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i2.7371

Keywords:

media pembelajaran, mophy, penguasan konsep.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media mophy, dan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMK. Research and Development (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dan model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X C1 SMK Model PGRI 1 Mejayan sebanyak 30 siswa. Langkah-langkah ADDIE yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan, merancang desain mophy, validasi desain, mengembangkan produk mophy, validasi desain media, uji coba lapangan dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMK Model PGRI 1 Mejayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil uji kualitas media mophy yang dilakukan oleh ahli media berdasarkan hasil validasi memperoleh rata-rata persentase sebesar 66,75% media layak untuk digunakan, sedangkan berdasarkan angket respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 77,706%. Rata-rata nilai penguasaan konsep siswa sebelum menggunkan media mophy 57,33 meningkat menjadi 73,42 setelah menggunakan media mophy dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,38 dalam kategori sedang. Mophy memberikan pengaruh positif terhadap peningkatkan penguasaan konsep siswa siswa kelas X SMK Model PGRI 1 Mejayan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-17

Issue

Section

Articles