Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores

Authors

  • An Nisaa Al Mu'min Liu Universitas Flores
  • Ilyas Ilyas Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303

Keywords:

Pembelajaran Online, Zoom Cloud Meeting, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran online berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dengan desain penelitian one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang memprogram mata kuliah pengantar fisika zat padat yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan data dengan teknik tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji t satu sampel dengan bantuan software SPSS. Dari hasil analisis diketahui ada pengaruh pembelajaran online berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitungnya 6,136 dengan derajat kebebasannya 26 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,00. Jika bandingkan signifikansinya 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk nilai t hitung 6,136 > t tabel 2,059 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonk, C.J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved.

Danti Y. Saadjad., Amiruddin Hatibe., dan Sahrul Saehana. ((2016). Perbandingan Metode Pembelajaran Blended learning Menggunakan Powerpoint dipandu Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP Negeri 7 Palu dan SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. Vol.5, No. 2, p.35-44.

http://publicationshare.com

http://eprints.uad.ac.id/12521/2/KP_1600018057_ISI%20LAPORAN.pdf

Mulyani, Wiwi. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep impuls dan momentum. Skripsi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Website

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26232

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riyana, Cepi. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangeran Selatan : Universitas Terbuka

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2020-03-19

Issue

Section

Articles