Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores

An Nisaa Al Mu'min Liu, Ilyas Ilyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran online berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dengan desain penelitian one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang memprogram mata kuliah pengantar fisika zat padat yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan data dengan teknik tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji t satu sampel dengan bantuan software SPSS. Dari hasil analisis diketahui ada pengaruh pembelajaran online berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitungnya 6,136 dengan derajat kebebasannya 26 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,00. Jika bandingkan signifikansinya 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk nilai t hitung 6,136 > t tabel 2,059 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima

Keywords


Pembelajaran Online, Zoom Cloud Meeting, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Bonk, C.J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved.

Danti Y. Saadjad., Amiruddin Hatibe., dan Sahrul Saehana. ((2016). Perbandingan Metode Pembelajaran Blended learning Menggunakan Powerpoint dipandu Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP Negeri 7 Palu dan SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. Vol.5, No. 2, p.35-44.

http://publicationshare.com

http://eprints.uad.ac.id/12521/2/KP_1600018057_ISI%20LAPORAN.pdf

Mulyani, Wiwi. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep impuls dan momentum. Skripsi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Website

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26232

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riyana, Cepi. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangeran Selatan : Universitas Terbuka

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.


Article Metrics

Abstract has been read : 13034 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat