Dampak Pelaksanaan Pengajaran Mikro Berorientasi Pada Penguasaan Materi Terhadap Kualitas Mengajar Mahasiswa PPL

Authors

  • Jeffry Handhika IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i2.698

Keywords:

pembelajaran mikro, penguasaan materi, PPL

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran mikro berdampak pada kualitas pelaksanaan PPL di sekolah mitra. Model pembelajaran mikro perlu mempertimbangkan penguasaan materi mahasiswa dalam pelaksanaannya. Pada tahun 2012, mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih materi yang dikuasainya, sehingga secara tidak langsung penekanan terhadap penguasaan materi berkurang dan berdampak pada nilai rata-rata pemilihan materi ajar pada kegiatan PPL (2.75 untuk penilai guru dan 2.76 untuk penilai dosen) dan penguasaan materi pembelajaran (2,63 untuk penilai guru, dan 2,72 untuk penilai dosen) rendah dibandingkan dengan indiaktor lainnya. Pengajaran mikro yang berorientasi materi juga tidak membantu peningkatan kualitas pembelajaran mikro. Peningkatan kualitas matakuliah prasyarat pembelajaran mikro merupakan rekomendasi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-10

Issue

Section

Articles