Pengembangan Instrumen Tes Pemecahan Masalah Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika Pada Materi Dinamika Partikel

Authors

  • Alif Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Berlian Neno Asa Universitas Negeri Malang
  • Fatah Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Rania Nukhba Universitas Negeri Malang
  • Ulul Albab Universitas Negeri Malang
  • Parno Parno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.5579

Keywords:

Particle dynamics, Test instruments, Problem solving skills, Physics education student

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh semua orang khususnya para mahasiswa yang sedang menempuh studi di jurusan fisika. Hal ini dikarenakan fisika merupakan ilmu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Sebagai mahasiswa, diperlukan adanya instrument tes yang dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki agar dapat diukur apakah kemampuan dalam proses pemecahan masalah yang dimiliki telah mencukup atau belum mencapai minimum. Telah banyak instrument tes yang dikembangkan sebagai instrument untuk mengukur kemampuan proses pemecahan masalah, tetapi seluruh instrumen yang ada dapat dikatakan kurang valid untuk mengukur kemampuan yang akan diukur. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada materi dinamika partikel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah instrumen tes dinyatakan 75% hingga 100 % valid oleh validator ahli serta memiliki 81,7% respons positif dari mahasiswa. Instrumen tes ini diharapkan mampu diterapkan dalam penilaian fisika serta dikembangkan pada penelitian-penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-19

Issue

Section

Articles