Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus
DOI:
https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.5125Abstract
Downloads
References
Afif, N. F., Nugraha, M. G., & Samsudin, A. (2017). Developing energy and momentum conceptual survey ( EMCS) with four-tier diagnostic test items. AIP Conference Procedings, 050010(May). https://doi.org/10.1063/1.4983966
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Untuk Pembelajaran IPA TERPADU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05(1), 1–13.
Bhakti, C. P. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosing Seminar Nasional Pendidikan, 85–94.
Diani, R., Alfin, J., Anggraeni, M., Mustari, M., & Fujiani, D. (2019). Four-Tier Diagnostic Test With Certainty of Response Index on The Concepts of Fluid. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012078
Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 41–49.
Gurel, K.-D., Eryilmaz, A., & Mcdermott, L. C. (2016). Identifying pre-service physics teachers ’ misconceptions and conceptual difficulties about geometrical optics. European Journal of Physics, 37, 1–30. https://doi.org/10.1088/0143-0807/37/4/045705
Hasan Khoiri, Andika Kusuma Jaya, I. K. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 60–64.
Hermita, N., Shuhandi, A., Syaodih, E., Samsudin, A., Isjoni, Johan, H., … Safitri, D. (2017). Constructing and Implementing a Four Tier Test about Static Electricity to Diagnose Pre-service Elementary School Teacher ’ Misconceptions. Journal of Physics: Conference Series.
Husain, M. S., Kendek, Y., & Fihrin. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Fluida Statis dan Penerapannya di Lingkungan Sekitar pada Siswa SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidkan Fisika Tadulako (JPFT), 6(1).
Ismail, I. I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains.
Iswan, & Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Millenial IR. 4.0. Prosiding Seminar Nasnional Pendidikan Era Revolusi, 21–42.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Donsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal LP3M, 4(1), 1–8.
Mahardi, H., Lazim, L., Hermita, N., Alpusari, M., Widyanthi, A., Suhandi, A., … Samsudin, A. (2019). Implementing a four-tier diagnostic test to assess elementary school students ’ on electricity magnetism. Journal of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032020
Masyuni, S., & Asyhari, A. (2019). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Befikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 184–193.
Muhali. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Pesrpektif Revolusi Indutri. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 1–14.
Nurul Sholihat, F., Samsudin, A., & Gina Nugraha, M. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Sub- Materi Fluida Dinamik : Azas Kontinuitas. 3, 175–180.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enschehede: Netherland Institute For Curriculum Development (SLO).
Putra, I. A., Sujarwanto, E., & Pertiwi, N. A. S. (2018). Analisis Pemahaman konseptual Mahasiswa Pada Materi Kinematika Partikel Melalui Tes Diagnostik. JRKPF UAD, 5(1), 10–16.
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidkan Fisika (SNPFF), 6, 1–10.
Sulistri, E., & Lisdawati. (2017). Using Three-Tier Test To Identify The Quanty of Student That Having Misconception on Newton’s Laws of Motion Concept. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 4–6.
Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4 . 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK, 1(2), 102–110.
Wahyuningsih, S., Rusilowati, A., & Hindarto, N. (2018). Analisis Miskonsepsi Literasi Sains Menggunakan Three Tier Multiple Choice Test Materi Cahaya. Jurnal Phenomenon, 08(2), 1–15.
Wilantika, N., Khoiri, N., & Hidayat, S. (2018). Pengembangan Penyusunan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Mengungkap Miskonsepsi Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Mayong Jepara. Jurnal Phenomenon, 08(2), 200–214.
Yakubi, M., Zulfadli, & Hanum, L. (2017). Menganalisis Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Penilaian Four-Tier Multiple Choice ( Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 19–26.
Zaleha, Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four-Tier Test pada Konsep Getaran. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 36–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.