Analisis Hukum Kekekalan Momentum Model Tumbukan Kelereng dengan Gantungan Ganda menggunakan Analisis Video Tracker

Setiya Utari, Eka Cahya Prima

Abstract


Pengajaran sains tidak hanya terfokus pada apa yang harus siswa ketahui, tetapi dengan tantang era saat ini pengajaran sains lebih menekankan pada mengajarkan bagaimana cara mengetahui. Dengan tantangan ini maka yang penting bagaimana pembelajaran sains memberikan fasilitas untuk melatihkan cara mendapatkan pengetahuan dan cara menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah, cara-cara ini yang kita kenal sebagai kompetensi literasi saintifik. Artikel ini memberikan gambaran tentang cara-cara membangun konsep Impuls dan momentum serta menggunakan teknologi untuk mendapatkan data yang berkualitas pada eksperimen tumbukan menggunakan analisis video tracker. Hasil pengujian menunjukkan analisis video tracker dengan menggunakan kit model tumbukan kelereng dengan gantungan ganda ini diperoleh eror yang cukup baik sebesar 0,01. Untuk model tumbukan lenting sempurna diperoleh nilai koefisien restitusi 1.01, model tumbukan lenting sebagian dengan nilai koefisien restitusi e=0,64, dan model tumbukan tidak lenting dengan nilai koefisien restitusi e=0,001. Kit pembelajaran ini merupakan terobosan terbaru untuk menguji hukum kekekalan momentum yang sangat cocok untuk pembelajaran fisika di SMP dan SMA dengan pemasangan yang mudah, sederhana, serta menghasilkan kontak pusat massa yang sangat baik.


Keywords


Kit Eksperimen; Hukum Kekekalan Momentum; Tumbukan; Metode Analisis Video Tracker

Full Text:

PDF

References


Fajarini, F., Utari, S., & Prima, E. C. (2018). Identification of students’ misconception against global warming concept. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 199-204).

Prima, E. C., Mawaddah, M., Winarno, N., & Sriwulan, W. (2016). Kinematics investigations of cylinders rolling down a ramp using tracker. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1708, No. 1, p. 070010). AIP Publishing.

Prima, E. C., Utari, S., Chandra, D. T., Hasanah, L., & Rusdiana, D. (2018). Heat and temperature experiment designs to support students’ conception on nature of science. JOTSE: Journal of technology and science education, 8(4), 453-472.

Yasin, A. I., Prima, E. C., & Sholihin, H. (2018). Learning Electricity using Arduino-Android based Game to Improve STEM Literacy. Journal of Science Learning, 1(3), 77-94.


Article Metrics

Abstract has been read : 17405 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v5i2.4145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat