Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2535Abstract
Modul fisika berbasis scientific approach dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang disesuaikan dengan hakikat sains sebagai proses, karakteristik materi fluida statis, dan penggunaan kurikulum 2013 yang identik dengan scientific approach. Penggunaan modul ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik hasil pengembangan modul fisika berbasis scientific approach, (2) keefektifan penggunaan modul fisika berbasis scientific approach dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Four-D (4D). Data dari angket dianalisis secara deskriptif dengan persentase sedangkan data hasil keterampilan proses sains siswa dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan menggunakan software IBM SPSS Statistics 19, uji n gain score, dan uji effect size dari Cohen. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) karakteristik modul menyajikan materi yang meninjau aspek keterampilan proses sains (menginterpretasi, memprediksi, mengaplikasikan konsep, merancang percobaan, dan mengkomunikasikan); (2) modul memiliki nilai keefektifan sebesar 64% dalam kategori “efektifâ€dengan nilai effect size sebesar 1,32 dalam kategori “Besarâ€.
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arumsari, L. T., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(1), 140–151.
Faizah, Miswadi, S. S., & Haryani, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).
Giantera, D. R. (2013). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Peralatan Kantor Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang.
Herdianto, H. (2014). Identifikasi Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fluida Statis dengan Modifikasi High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).
Indonesia, R. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.
Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 14–21.
Mulyanto, E. (2016). Pengelolaan Bengkel Teknik Mekatronika SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Murniati, M., & Muslim, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Mekanika Berdasarkan Analisis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 67–73.
Mutmainah, S. (2016). Penggunaan Modul Fisika Scientific Approach Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 5 Sman 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.
Nasional, D. P. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.
Pendidikan, K., & Kebudayaan, R. I. (2013). Permendikbud nomor 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pranata, B. D., Mahanal, S., & Lestari, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Discovery Inquiry pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa Kelas XI SMA. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM.
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).
Sabil, H. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Model Jigsaw Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMPN 7 Muaro Jambi. EDUMATICA| Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Sari, R. D. M., & Rachmawati, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada KD Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia Kelas X IIS SMAN 1 Krembung. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Satria, H., & Handhika, J. (2015). Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Berbasis Scientific Approach Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Termodinamika. In Prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 6).
Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 1–13.
Septian, D., Cari, & Sarwanto. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Jurnal
Inkuiri, 6(1), 45–60. Diambil dari https://goo.gl/a1MLwR
Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika denganpendekatan Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, hal. SNF2015-II).
Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: UNM.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Ulwan, M. N. (2015). Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Artikel diakses pada tanggal, 25.
Yamin, M., & Maisah, M. D. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Yuliani, H. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis (Studi pada Materi Pembelajaran Fluida Statis untuk Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Jakenan Pati T. UNS (Sebelas Maret University).
Yusro, A. C. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 61–66.
Yusro, A. C., & Sasono, M. (2016). Penggunaan modul ilustratif berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa kelas VII SMPN 14 Madiun. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 29–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.