PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR MELALUI INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • Jeffry Handhika IKIP PGRI MADIUN
  • Erawan Kurniadi IKIP PGRI MADIUN
  • Ahwan Ahwan Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.20

Keywords:

Hasil belajar mahasiswa, Analisis vektor, Inkuiri terbimbing

Abstract

Hasil belajar pokok bahasan analisis vektor mahasiswa semester I P. Fisika semester I kurang dari 75.  Model inkuiri terbimbing diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa semester I gasal tahun akdemik (2015/2016) sejumlah 25 mahasiswa. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan vektor non konten, pada siklus I (75,20) dan siklus II (76,52), sedangkan vektor berbasis konten  siklus I (68,36) menjadi  (69,40) pada siklus II. Aktivitas belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dan II dibandingkan dengan base line, walaupun pada siklus II mengalami penurunan dibandingkan dengan siklus I.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-18

Issue

Section

Articles