Developing A Simple Parabolic Motion Props: Steps and Their Applicability
DOI:
https://doi.org/10.25273/jpfk.v9i1.14385Keywords:
physics props, tracker software, parabolic motionAbstract
Downloads
References
Adhi, S., Marhadini, K., Akhlis, I., Sumpono, I., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola Untuk Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38–43. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V6I3.19315
Afifah, D. N., Yulianawati, D., Agustina, N., Dewi, R., Lestari, S., & Nugraha, G. (n.d.). Metode Sederhana Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Aplikasi Tracker Pada Gerak Parabola Sebagai Media dalam Pembelajaran Fisika Sma.
Aguilar-MarÃn, P., Chavez-Bacilio, M., & Jáuregui-Rosas, S. (2018). Using analog instruments in Tracker video-based experiments to understand the phenomena of electricity and magnetism in physics education. European Journal of Physics, 39(3), 035204. https://doi.org/10.1088/1361-6404/AAA8F8
Asrizal, A., Yohandri, Y., & Kamus, Z. (2018). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(1), 41–48. https://doi.org/10.24036/JEP/VOL2-ISS1/84
Giancoli, D. C. (2005). Physics: principles with applications (6th ed.). Pearson Prentice Hall.
Hariyono, M., Nur Widhi, E., Ulia -, N., Rinaldi, A., Pricilia, A., -, al, Diani, R., Satiarti, R. B., Lestari, N., Haka, N. B., Reftyawati, D., Padilah, A., Komikesari, H., & Negeri Raden Intan Lampung, I. (2020). Digital oscillation rails: developing physics learning media to determine the acceleration value of earth’s gravity. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012019
Indah, D. S. (2014). Pengembangan Alat Peraga Sederhana Gerak Parabola Untuk Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Parabola. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/8075
Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan teori Tes Klasik dan Modern (2nd ed.). UNY Press.
Khairul Husna. (2022). Penggunaan Alat Peraga Fisika Pada materi Jenis-Jenis Tumbukan Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK): Facilities of Educator Career and Educational Scientific Information, 4(1), 161–177. https://www.journalserambi.org/index.php/jkk/article/view/92
Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2017). IbM Peningkatan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah Se Kabupaten Purworejo Dalam Pengelolaan Laboratorium dan Pengembangan Alat Peraga IPA Terbarukan. Surya Abdimas, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.37729/ABDIMAS.V1I1.300
Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, K., & Rusilowati, A. (2016). Analisis Kebutuhan Alat Peraga dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60–65. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V5I2.13622
Omda, S. el, & Sergent, S. R. (2021). Standard Deviation. CD-ROM Professional, 8(7), 90–91. https://doi.org/10.7748/ns.13.32.22.s43
Rahayu, M., Nurvitasari, E., & Parrangan, J. (2020). Pengembangan Alat Peraga dan Modul Listrik Magnet Untuk Pembelajaran IPA Fisika Di SMP. Musamus Journal of Science Education, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.35724/MJOSE.V2I2.3020
Saepuzaman, D., & Karim, S. (2016). Desain Pembelajaran Student’s Conceptual Construction Guider Berdasarkan Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gerak Parabola. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.21009/1.02211
Salam, B., Latifah, D. S., Bhakti, S., Pampangan, W., & Barat, L. (2019). Pengembangan Projectile Launcher Sebagai Alat Praktikum Sederhana Fisika pada Materi Gerak Parabola. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 177–183. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4323
Sudjito, D. N. (2019). Penggunaan Modul Praktikum Mandiri Berbasis Simulasi Phet dalam Pembelajaran Fisika tentang Gerak Parabola pada Bidang Datar. Prosiding SNMIPA Kolaborasi 2019, 1–15.
Susilawati, S., Satriawan, M., Rizal, R., & Sutarno, S. (2020). Fluid experiment design using video tracker and ultrasonic sensor devices to improve understanding of viscosity concept. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 022039. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022039
Tracker Video Analysis and Modeling Tool for Physics Education. (n.d.). Retrieved June 5, 2022, from https://physlets.org/tracker/
Wijaya, P. A., Rohman, I., & Utari, S. (2018). Blended media untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pokok bahasan gerak parabola. QUANTUM, Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 241–251. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/265
Wijaya, R. C., Damris, M., & Kamid, K. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Projectile Launcher Sebagai Alat Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Parabola Fisika Kelas XI IPA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 3(2).
Yulkifli, Afandi, Z., & Yohandri. (2018). Development of Gravity Acceleration Measurement Using Simple Harmonic Motion Pendulum Method Based on Digital Technology and Photogate Sensor. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 012064. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012064
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.