Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi

Authors

  • Novita Sari Universitas Jambi
  • Krisna Suryanti Universitas Jambi
  • Santy Meilisa Manurung Universitas Jambi
  • Sintia Sintia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1297

Keywords:

media, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi pembelajaran fisika kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar termasuk dalam kriteria sedang. Penelitian tentang motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA TitianTeras MuaroJambi, menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar termasuk dalam kriteria sedang untuk siswa kelas XI MIPA 1 SMA TitianTeras MuaroJambi .Banyak faktor yang mempengaruhi kontribusi terhadap pencapaian nilai rata-rata siswa, salah satunya motivasi belajar. Motivasi belajar sangat penting dalam proses pembelajaran karena proses belajar membutuhkan interaksi dan partisipasi aktif dari peserta didik untuk berhasil.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Krisna Suryanti, Universitas Jambi

Universitas Jambi

References

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Asyhar, R. 2011. Kreaatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP)

Press: Jakarta.

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo:Bandung.

Sudjana, N., Rivai, A. 2011. Media Pembelajaran. Sinar Baru Algesindo:Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitianuantitatif, Kualitatif dan R &D. Alfabeta:Bandung.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya:

Bandung.

Rohmani, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA ISSN: 2252-7893, Vol 4, No. I, 2015 (hal 152-162) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Downloads

Published

2017-09-30

Issue

Section

Articles