Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1297Keywords:
media, motivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi pembelajaran fisika kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar termasuk dalam kriteria sedang. Penelitian tentang motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA TitianTeras MuaroJambi, menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar termasuk dalam kriteria sedang untuk siswa kelas XI MIPA 1 SMA TitianTeras MuaroJambi .Banyak faktor yang mempengaruhi kontribusi terhadap pencapaian nilai rata-rata siswa, salah satunya motivasi belajar. Motivasi belajar sangat penting dalam proses pembelajaran karena proses belajar membutuhkan interaksi dan partisipasi aktif dari peserta didik untuk berhasil.
Â
Downloads
References
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Asyhar, R. 2011. Kreaatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP)
Press: Jakarta.
Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo:Bandung.
Sudjana, N., Rivai, A. 2011. Media Pembelajaran. Sinar Baru Algesindo:Bandung.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitianuantitatif, Kualitatif dan R &D. Alfabeta:Bandung.
Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya:
Bandung.
Rohmani, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA ISSN: 2252-7893, Vol 4, No. I, 2015 (hal 152-162) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.