Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1288

Keywords:

Generative Learning, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Hukum Newton

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model generative learning terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi Hukum Newton. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksprimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Makarim Al-akhlak Kota Singkawang. Dikarenakan kelas VIII hanya terdiri atas satu kelas, maka teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai –thitung < -ttabel yaitu -18,03 < -2,160, maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model generative learning terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi Hukum Newton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) (11th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Flick, L. B. (1996). Understanding a generative learning model of instruction: A case study of elementary teacher planning. Journal of Science Teacher Education, 7(2), 95–122. https://doi.org/10.1007/BF00114121

Osborne, R., & Wittrock, M. (1985). The Generative Learning Model and its Implications for Science Education. Studies in Science Education, 12(1), 59–87. https://doi.org/10.1080/03057268508559923

Pohan, D. & Simamora, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-hukum Newton. Jurnal INPAFI, 2(3), 45-53.

Ritchie, D., & Volkl, C. (2000). Effectiveness of Two Generative Learning Strategies in the Science Classroom. School Science and Mathematics, 100(2), 83–89. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2000.tb17240.x

Sardiman A. M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak, M. P. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Hukum Newton T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 1(2), 107-113.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian (12th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (16th ed.). Bandung: Alfabeta.

Tambunan, D. S. & Siregar, A. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Menggunakan Media Kartun Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gaya dan Hukum Newton di Kelas VIII SMP Swasta An-Nizam Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal INPAFI, 2(3), 28-37.

Downloads

Published

2017-09-29

Issue

Section

Articles