IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL WIKU DALAM JENJANG PENDIDIKAN
https://doi.org/10.25273/florea.v8i2.9226
Keywords:
Implementation, AR, Visual Wiku, Educational LevelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba augmented reality dengan menggunakan WIKU visual dapat diterapkan pada jenjang SMP, SMA, atau S1 jurusan biologi. Metode yang digunakan pada tahap 1 menentukan jenjang sekolah, penentuan footprint sekolah didasarkan pada isi media pembelajaran (content) yaitu pada augmented reality dengan menggunakan visual WIKU yaitu mata pelajaran yang menjelaskan tentang struktur morfologi pada Wijaya Kusuma bunga. Dari hasil pertimbangan tersebut ditentukan tiga jenjang sekolah yaitu SMP, SMA dan S1 jurusan Biologi sebagai sampel dari uji coba. Tahap 2 membuat angket, pembuatan angket sehingga dapat diketahui respon siswa-siswa, untuk menilai augmented reality menggunakan visual WIKU baik dari segi antarmuka aplikasi dan konten aplikasi yang ada. Kuesioner divalidasi kepada pihak-pihak yang berkompeten di bidangnya. Analisis data tahap 3, data hasil angket dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga diperoleh jenjang sekolah mana yang masih menerapkan augmented reality dengan menggunakan WIKU visual ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan SMP yang memberikan nilai baik dengan bobot 4 pada augmented reality dengan menggunakan WIKU visual, artinya augmented reality dengan menggunakan visual wiku dapat diterapkan pada pendidikan SMP. Hasil data angket dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga diperoleh jenjang sekolah mana yang masih menerapkan augmented reality dengan menggunakan WIKU visual ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan SMP yang memberikan nilai baik dengan bobot 4 pada augmented reality dengan menggunakan WIKU visual, artinya augmented reality dengan menggunakan visual wiku dapat diterapkan pada pendidikan SMP. Hasil data angket dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga diperoleh jenjang sekolah mana yang masih menerapkan augmented reality dengan menggunakan WIKU visual ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan SMP yang memberikan nilai baik dengan bobot 4 pada augmented reality dengan menggunakan WIKU visual yang artinya augmented reality dengan menggunakan visual wiku dapat diterapkan pada pendidikan sekolah menengah pertama.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author not hold and retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.