PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL KALIMANTAN SELATAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Abstract
Keywords
References
Amir, Faizal M. Mahardika Darmawan Kusuma W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives. 2(1).
Bustami, Y. & Corebima, A.D. (2017). The Effect Of Jirqa Learning Strategy On Critical Thinking Skills Of Multiethnic Students In Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3).
Ilmi, Muhammad. Lagiono. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan. Jurnal pendidikan hayati, 5(2).
Malahayati, Nurul, Eva. Aloysius Duran Corebima & Siti Zubaidah. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Sains. 3(4).
Marwiyah, St. Alauddin & Muh. Khaerul Ummah. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Depublish.
Mastang. (2017). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Kelas X MIA I SMA Muhammaddiyah Limbung. Skripsi. UIN Alaudin Makassar
Montu, F & Abdjul, T. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Energy Dalam Sistem Kehidupan. Jambura Physics Journal. 1(2).
Ni’mah, Shofiatun. (2019). Pengembangan Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Studi Kasus Di SMP Negeri Jepara 1. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Ramdiah, Siti. Abidinsyah & M. Royani. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan. Banjarbaru: Scripta Cendekia
Ramdiah, Siti. Abidinsyah, M. royani, H. Husamah & Ahmad Fauji. (2020). South Kalimantan Local Wisdom-Based Biology Learning Model. 9(2).
Rizqina, Laili. (2017). Pengaruh Model Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Skripsi. STKIP PGRI Banjarmasin.
Rusmana, J. Siti Ramdiah & Budi Prayitno. (2019). Pengembangan Booklet Sebagai Sumber Belajar Biologi Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembuatan Bakul Purun. 4(3).
Sanjaya, Wina. & Andi Budimanjaya. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta. Kencana
Article Metrics
Abstract has been read : 661 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times PDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v7i2.7888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya indexed by:
Copyright Florea: Jurnal Biologi & Pembelajarannya
View Florea Stats