MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VIRUS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL METODE CERAMAH DAN DISKUSI DENGAN TAKTIK BERKELILING MENGHAMPIRI SISWA PADA SISWA KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

Authors

  • Sunaryo Sunaryo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Diana Pratiwi SMA Hang Tuah 4 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/florea.v7i1.5422

Keywords:

Hasil Belajar Virus, Kontekstual, Ceramah dan Diskusi, Menghampiri Siswa

Abstract

Dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar virus siswa kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya yang selama ini pembelajarannya kurang menggugah minat siswa, maka perlu dilakukan penelitian melalui pembelajaran kontekstual metode ceramah dan diskusi dengan taktik berkeliling menghampiri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas dan hasil belajar virus melalui pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subyeknya adalah Siswa kelas X IPA 2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya semester gasal tahun  ajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 Siswa. Data pra tindakan diperoleh dari data yang telah didokumentasikan oleh guru yang telah mengajar di kelas itu. Hasil penelitian menunjukkan aktifitas belajar pada siklus I 61,18% dengan kriterian cukup, mengalami peningkatan dibanding sebelum tindakan, siklus II meningkat lagi  menjadi 81,76% dengan kriteria baik. Sedangakan hasil belajar sebelum tindakan nilai rata-rata kelas berkisar 52, persentase ketuntasan klasikal berkisar 50% (17 dari 34 siswa), setelah tindakan siklus I  mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 77, presentase ketuntasan klasikal 79,4% (27 dari 34 siswa). Selanjutnya setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi, nilai rata-rata kelas menjadi 91 persentase ketuntasan klasikal 91,2% (31 dari 34 siswa). Kesimpulannya adalah aktifitas dan hasil belajar virus siswa kelas X IPA 2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya mengalami peningkatan melalui pembelajaran kontekstual metode ceramah dan diskusi dengan taktik berkeliling menghampiri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sunaryo Sunaryo, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Pendidikan Biologi

References

Aditomo, A. dan Felicia, N. 2018, Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015, Artikel Kilas Pendidikan Edisi 17, 19 Agustus 2018.

Afnidar, 2015, Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa pada Topik Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Mutiara Pidie, ISSN: 2302-1705 JESBIO Vol. IV No. 1, Mei 2015

Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Bahri, A. dkk. 2018, Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi, Jurnal Sainsmat, September 2018, Halaman 114-124 Vol. VII, No. 2 ISSN 2579-5686 (Onine) ISSN 2086-6755 (Cetak), Tersedia di http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsma, Diakses pada Tanggal 20 Oktober 2019.

Elaine B. J. 2008, Contextual Teachning & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Terj. Ibnu Setiawan, Bandung, MLC.

Foshay, R. 2003, Principles for Teaching Problem Solving, , Indiana University, Plato Learning.

Gulo, W. 2005, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Grasindo.

Hasanah, U. dkk. 2019, The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Based on Lesson Study on the Biology Learning Achievement of High School Students, Pancaran Pendidiak FKIP Universitas Jember Vo 8, No 1 (2019) ISSN 0852-601X. e-ISSN 2549-838X, Tersedia di https://pancaranpendidikan.or.id/index.php/pancaran/issue/view/15, Dialkses pada Tanggal 5 Oktober 2019

Jamarah, S.B. dan Zain, A. 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Marno dan Idris, 2009, Strategi dan Metode Pengajaran, Yogjakarta, Ar-Ruzz Media

OECD, 2016, Programme for International Student Assesment (PISA) Results From PISA 2015, https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf, diakses pada Tanggal 20 Oktober 2019.

Paidi. 2010, Model Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel Seminar Nasional FMIPA Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Pers.

Setyowati, H. 2006, Keefektifan Penggunaan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) dalam Pembelajaran Biologi Sub Pokok Bahasan Tumbuhan Berbiji di Kelas VII SMPN I Dawe Kudus Tahun Ajaran 2005/2006, Skripsi Sarjana Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang

Sudijono, A. 2014, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta, Rajawali Press.

Sukardi, H. M. 2012, Evaluasi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.

Yulinda, R. dan Ilma, S. 2018, Learning Interest Og Biology Pre Service Teachers On Contextual Based Plant Morphology Course, JPBI (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA) Indonesian Journal of Biology Education Vol. 4 No. 2, 2018; pp. 171-178ISSN: 2442-3750 (print); ISSN: 2527-6204 (online) http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpb, Diakses Pada Tanggal 10 Oktober 2019.

Downloads

Published

2020-05-15

Issue

Section

Articles