MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VIRUS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL METODE CERAMAH DAN DISKUSI DENGAN TAKTIK BERKELILING MENGHAMPIRI SISWA PADA SISWA KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.25273/florea.v7i1.5422Keywords:
Hasil Belajar Virus, Kontekstual, Ceramah dan Diskusi, Menghampiri SiswaAbstract
Dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar virus siswa kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya yang selama ini pembelajarannya kurang menggugah minat siswa, maka perlu dilakukan penelitian melalui pembelajaran kontekstual metode ceramah dan diskusi dengan taktik berkeliling menghampiri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas dan hasil belajar virus melalui pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subyeknya adalah Siswa kelas X IPA 2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya semester gasal tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 Siswa. Data pra tindakan diperoleh dari data yang telah didokumentasikan oleh guru yang telah mengajar di kelas itu. Hasil penelitian menunjukkan aktifitas belajar pada siklus I 61,18% dengan kriterian cukup, mengalami peningkatan dibanding sebelum tindakan, siklus II meningkat lagi  menjadi 81,76% dengan kriteria baik. Sedangakan hasil belajar sebelum tindakan nilai rata-rata kelas berkisar 52, persentase ketuntasan klasikal berkisar 50% (17 dari 34 siswa), setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 77, presentase ketuntasan klasikal 79,4% (27 dari 34 siswa). Selanjutnya setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi, nilai rata-rata kelas menjadi 91 persentase ketuntasan klasikal 91,2% (31 dari 34 siswa). Kesimpulannya adalah aktifitas dan hasil belajar virus siswa kelas X IPA 2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya mengalami peningkatan melalui pembelajaran kontekstual metode ceramah dan diskusi dengan taktik berkeliling menghampiri siswa.
Downloads
References
Aditomo, A. dan Felicia, N. 2018, Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015, Artikel Kilas Pendidikan Edisi 17, 19 Agustus 2018.
Afnidar, 2015, Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa pada Topik Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Mutiara Pidie, ISSN: 2302-1705 JESBIO Vol. IV No. 1, Mei 2015
Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
Bahri, A. dkk. 2018, Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi, Jurnal Sainsmat, September 2018, Halaman 114-124 Vol. VII, No. 2 ISSN 2579-5686 (Onine) ISSN 2086-6755 (Cetak), Tersedia di http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsma, Diakses pada Tanggal 20 Oktober 2019.
Elaine B. J. 2008, Contextual Teachning & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Terj. Ibnu Setiawan, Bandung, MLC.
Foshay, R. 2003, Principles for Teaching Problem Solving, , Indiana University, Plato Learning.
Gulo, W. 2005, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Grasindo.
Hasanah, U. dkk. 2019, The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Based on Lesson Study on the Biology Learning Achievement of High School Students, Pancaran Pendidiak FKIP Universitas Jember Vo 8, No 1 (2019) ISSN 0852-601X. e-ISSN 2549-838X, Tersedia di https://pancaranpendidikan.or.id/index.php/pancaran/issue/view/15, Dialkses pada Tanggal 5 Oktober 2019
Jamarah, S.B. dan Zain, A. 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rineka Cipta.
Marno dan Idris, 2009, Strategi dan Metode Pengajaran, Yogjakarta, Ar-Ruzz Media
OECD, 2016, Programme for International Student Assesment (PISA) Results From PISA 2015, https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf, diakses pada Tanggal 20 Oktober 2019.
Paidi. 2010, Model Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel Seminar Nasional FMIPA Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Pers.
Setyowati, H. 2006, Keefektifan Penggunaan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) dalam Pembelajaran Biologi Sub Pokok Bahasan Tumbuhan Berbiji di Kelas VII SMPN I Dawe Kudus Tahun Ajaran 2005/2006, Skripsi Sarjana Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang
Sudijono, A. 2014, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta, Rajawali Press.
Sukardi, H. M. 2012, Evaluasi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.
Yulinda, R. dan Ilma, S. 2018, Learning Interest Og Biology Pre Service Teachers On Contextual Based Plant Morphology Course, JPBI (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA) Indonesian Journal of Biology Education Vol. 4 No. 2, 2018; pp. 171-178ISSN: 2442-3750 (print); ISSN: 2527-6204 (online) http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpb, Diakses Pada Tanggal 10 Oktober 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author not hold and retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.