IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/florea.v7i2.5297Keywords:
Aplikasi Quizizz, hasil belajar, jaringan tumbuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI MIPA salah satu SMA berada di perbatasan Kabupaten Garut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA pada tahun 2019-2020. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik porposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan sebanyak 35 soal pilihan majemuk. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Pada penelitian ini ditemukan peningkatan pada aspek kognitif hasil belajar terutama pada jenjang menganalisis, peningkatan ini terjadi karena aplikasi ini dikombinasikan dengan kegiatan praktikum. Selain itu, kebiasaan mencontek peserta didik dapat diminimalkan karena peserta didik terbiasa mengerjakan soal menggunakan aplikasi ini dengan randomisasi. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan.
Downloads
References
Abdurahman. (2017) Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam. Al-Tanzim. 1(1). 19-35.
Andaryuni, Lilik. (2014) Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi (Studi Terhadap STAIN Samarinda). Fenomena. 6 (1). 55-64.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayunara, Bahar. (2017). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz.[Online], Tersedia : http://www.ahzaa.net/2017/08/membuat-kuis-interaktif-kelas-dengan.html (diakses 3 Februari 2019)
Mei, S. Y., Ju S. Y., Adam, Zalika. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Sciences Education and Research. 12 (1). 208-212.
Riskawati. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 5(1). 90-98.
Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. (1). 75-81.
Sari, D. P. Putra, R. Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika.12(2). 63-72.
Shamil. (2019). Getting Started with Quizizz.[Online]
Tersedia: http://Quizizz.zendesk.com/hc/en-us/articles/115000338045-Getting-Started-with-Quizizz (diakses 17 Februari 2019)
Setyanta, B. A. Murwaningtyas, C. E. (2012). Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kanisius Kalasan Tahun Pelajaran 2012/2013 pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 141-148.
Side, S. Sulastry, T. Supardi, R. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Parepare (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica. 18(1). 26-34.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author not hold and retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.