Pengembangan Media Pembelajaran Playing Card Dalam Model Pembelajaran Make a Match Pada Materi Sistem Reproduksi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 5 Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/florea.v10i2.21142Keywords:
Berpikir kritis, sistem reproduksi, playing cardAbstract
Pendidikan menjadi hal yang wajib diterima oleh semua manusia sejak kecil hingga  dewasa, sesuai dengan kebijakan pemerintah yakni wajib belajar dan juga pebelajar  sepanjang hayat. Pembelajaran pada abad-21 ini menuntut peserta didik agar memiliki  keterampilan-keterampilan seperti berpikir kritis (critical thinking), komunikasi  (communication), kerja sama (collaboration), dan kreativitas (creativity) atau disebut 4C. Pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis peserta didik masih relatif rendah.  Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan dengan menggunakan media pembelajaran  berbasis game playing card dalam model pembelajaran make a match dimana peserta didik dilatih untuk mencari dan memperoleh sendiri jawaban dari sebuah permasalahan yang ada pada kartu tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian  tindakan kelas (PTK), yang dilakukan di SMA N 5 MADIUN pada kelas XI MIPA 5 yang  berjumlah 33 peserta didik sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan April  selama 1 minggu (2x pertemuan) di kelas XI MIPA 5 dimana kelas tersebut menjadi kelas  yang diajar selama siklus praktik pengalaman lapangan (PPL). Pengembangan media  pembelajaran playing card dalam model pembelajaran make a match pada materi sistem  reproduksi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis menunjukkan adanya perbedaan  yang tinggi antara nilai rata-rata prasiklus sebesar 70,4 dan saat siklus I rata-rata menjadi 92  sedangkan siklus II rata-rata menjadi 94 dengan kategori validitas sangat layak. Sedangkan  nilai N-gain sebesar 0,8 dengan kategori efektivitas tinggi. Sehingga pengembangan media  pembelajaran playing card dalam model pembelajaran make a match pada materi sistem  reproduksi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dinyatakan layak secara teoritis  ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Downloads
References
Alodia, M.C. 2016. Efektivitas Kartu Permainan Make A Match Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas Xii Sma. Bioedu. Vol. 5 (3)
Chen, S-Y., Tsai, J-C., Liu, S-Y., Chang, C-Y. 2021. The effect of a scientific board game on improving creative promblem solving skills. Thinking Skill and Creativity. Vol. 41. Hal : 1871
Hidayah, K.A.N., Ardhi, M.W., & Pujiati. 2019. Penerapan Scaffolding Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Terpadu Al Firdaus Pada Materi Sistem Ekskresi.Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV.
Innayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21. International Conference on Iskamic Education. Vol. 2. Hal : 293 – 304
Jiang, Y. 2022. Evaluation of pedagogical impact of business english textbooks on teaching critical thinking skills. Heliyon. Vol. 8.e11419
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S.D., Pratiwi, H.Y., Ayu, H.D. Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebubayaan. Vol. 7 (1)
Lailia, N. 2019. Pengembangan Permainan Question Card sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 16 (2)
Lin, M., Liu, L.Y.J., Pham, T.N. 2023. Towards developing a critical learning skills framework for masterâ€s students: Evidence from a UK university. Thingking skill and creativity. Vol. 48. Hal:
Routarinne, S., dan Ylirisku, S. 2012. Video Card Game as a Learning design for teacher education. Sosial and Behavioral Sciences. Vol. 45. Hal : 370 – 380
Salmeron, J.L., Mansouri, T., Moghadam, M.R.S., Mardani, A. 2018. Learning Fuzzy Cognitif with Modified Asexual Reproduction Optimization Algorithm. Knowledge Based System. Vol. 163, Hal : 723 - 735
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, S.K., Harjatanaya, T.Y. 2022. Panduan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf
Sujana, I.W.C 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4 (1)
Wafiroh, Z. & Budijastuti, W. 2020. Kelayakan teoritis lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis model inkuiri terbimbing materi sistem reproduksi manusia untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. BioEdu. Vol. 9 (3). Hal: 525 - 534
Zambelli, D., Canova, M.. Ballota, G., Ferrari, A., Cunto, M. 2023. Innovate models for teaching reproduction in small animals: The experience at DIVAMET of Boligna University. Theriogenologi. Vol. 196. Hal: 244 - 253
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author not hold and retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.