Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xii Sma Negeri 1 Polewali
https://doi.org/10.25273/florea.v10i1.19698
Keywords:
Flipped classroom, kemandirian belajar, peserta didikAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XII SMA Negeri 1 Polewali. Jenis penelitian quasi experiment design. Populasi penelitian terdiri dari 181 orang, sampel sebanyak 72 orang, dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Desain penelitian Nonequivalent control group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar, terdiri dari 25 pernyataan pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil uji Analysis of covariance (Ancova) menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yakni 0,00 < 0,05, artinya model pembelajaran flipped classroom memberikan pengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XII SMA pada mata pelajaran biologi. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemandirian belajar peserta didik, meningkatkan inisiatif dan kreativitas, serta memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep pembelajaran yang diajarkan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom memberikan pengaruh positif terhadap kemandirian belajar peserta didik
Downloads
References
Asri, Y. N., et. al. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sukabumi: Haura Utama.
Bishop, J., & Verleger, M. (2013). The Flipped Classroom : A Survey of the Research.
Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 161–163.
Dirgeyasa, I. W. (2020). Flip Learning-Flip Classroom, Sebuah Inovasi dalam Pembelajaran, di Era Covid-19. Bahas, 31(2), 64 – 71.
Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45– 59.
Lestari, K. E. & Mokhammad, R.Y., (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38-49.
Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173.
Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 214–221.
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902-3911.
Zulaihah, N. (2014). Pembelajaran Reciprocal Teaching Model dengan Strategi Motivasi ARCS Mampu Meningkatkan Hasil dan Belajar Siswa SMK. Juve UNS, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author not hold and retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.