Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP

https://doi.org/10.25273/florea.v10i1.17132

Authors

  • Aning Nafisah Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Iwan Wicaksono Universitas Jember

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam perwakilan penyampaian materi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbentuk komik yang mencakup materi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang valid, praktis dan evektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan penggunaan desain pengembangan ADDIE sebagai desain penelitiannya. Desain penelitian ADDIE terdiri dari proses analysis atau analisis meliputi penganalisisan kondisi sekolah, siswa, kurikulum. Selanjutnya pada proses design atau desain meliputi proses pendesainan media, lembar validasi, lembar keterlaksanaan, dan tes pre-test post-test. Proses development atau pengembangan, media yang telah di desain mulai dibentuk menjadi sebuah media utuh yang kemudian divalidasi terhadap 3 validator. Validator terdiri dari 2 validator media dan 1 validator materi.  Tahapan implementation atau implementasi digunakan untuk mencobakan media yang telah valid terhadap subjek kecil sebelum digunakan pada populasi lebih besar. Selanjutnya pada tahapan evaluation atau evaluasi dilakukan pengkajian ulang terhadap penelitian yang telah dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kencong.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Additional Files

Published

2023-05-17

Issue

Section

Articles