Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP
https://doi.org/10.25273/florea.v10i1.17132
Keywords:
Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam perwakilan penyampaian materi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbentuk komik yang mencakup materi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang valid, praktis dan evektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan penggunaan desain pengembangan ADDIE sebagai desain penelitiannya. Desain penelitian ADDIE terdiri dari proses analysis atau analisis meliputi penganalisisan kondisi sekolah, siswa, kurikulum. Selanjutnya pada proses design atau desain meliputi proses pendesainan media, lembar validasi, lembar keterlaksanaan, dan tes pre-test post-test. Proses development atau pengembangan, media yang telah di desain mulai dibentuk menjadi sebuah media utuh yang kemudian divalidasi terhadap 3 validator. Validator terdiri dari 2 validator media dan 1 validator materi. Tahapan implementation atau implementasi digunakan untuk mencobakan media yang telah valid terhadap subjek kecil sebelum digunakan pada populasi lebih besar. Selanjutnya pada tahapan evaluation atau evaluasi dilakukan pengkajian ulang terhadap penelitian yang telah dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kencong.
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author not hold and retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.