PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN GUIDED INQUIRY MODEL DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi dengan Guided Inquiry Model terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian adalah kelas XI IPA3 SMAN 6 Madiun yang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: 1). Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data didapat dari hasil observasi keterampilan proses sains, dan nilai prestasi belajar siswa berdasarkan Post tes dan Ulangan harian. Uji coba soal Ulangan harian telah dilakukan untuk mengetahui validitas, tingkat kesulitan, dan daya beda soal. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif yang meliputi: 1) Deskripsi data, 2) Pembahasan, dan 3) Kesimpulan
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 586 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v4i1.1047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya indexed by:
Copyright Florea: Jurnal Biologi & Pembelajarannya
View Florea Stats