Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model discovery learning pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik multi stage random sampling dengan mengambil dua kelas dari populasi untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning keterampilan berpikir kritis yang di diperoleh peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukkan dari pada kenaikan persentase peserta didik yang mulanya 100% pada kategori kurang kritis menjadi 4% pada kategori sangat kritis, 56% kritis, 36% cukup kritis dan 4% kurang kritis.
This study aims to determine the increase in students' critical thinking skills by using discovery learning models on global warming material. This research was conducted in class VII at Taman Pemalang State Middle School 2 in the 2018/2019 academic year. Sampling research uses a multi-stage random sampling technique by taking two classes from the population for the control class and the experimental class. Data collection using test. The results showed that the experimental class that used the discovery learning model of critical thinking skills gained by students increased. This is shown from the increase in the percentage of students who initially 100% in the less critical category to 4% in the very critical category, 56% critical, 36% quite critical, and 4% less critical.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, muhamad dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula press
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Daulae, Tatta Herawati. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Iain Padang Sidimpuan. 6(2),131-150
Haryani, Desti. 2011. Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. 1980:121-126
Indrawati. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jember: Universitas Jember
Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. D. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Mureningsih, Endang S. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniyah. Edisi VII: 215
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran : Implementasi, Konsep, Karakteristik, Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras
Nugrahaeni, Amelia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1(1) 23-29
Nurtanto, Muhammad dan Sofyan Herminarto. 2015. Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor dan Afektif Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 5(3),352-364
Purwanto, Candra Eko, dkk. 2012. Penerapan model pembelajaran gided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurna pendidikan fisika unnes. 1(1),26-32
Santyasa, I.W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah. Universitas Pendidikan Ganesha.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Article Metrics
Abstract has been read : 2140 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats