Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Novita Haryanti, Antonius Tri Widodo, Yuni Arfiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model discovery learning pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik multi stage random sampling dengan mengambil dua kelas dari populasi untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning keterampilan berpikir kritis yang di diperoleh peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukkan dari pada kenaikan persentase peserta didik yang mulanya 100% pada kategori kurang kritis menjadi 4% pada kategori sangat kritis, 56% kritis, 36% cukup kritis dan 4% kurang kritis.

 

This study aims to determine the increase in students' critical thinking skills by using discovery learning models on global warming material. This research was conducted in class VII at Taman Pemalang State Middle School 2 in the 2018/2019 academic year. Sampling research uses a multi-stage random sampling technique by taking two classes from the population for the control class and the experimental class. Data collection using test. The results showed that the experimental class that used the discovery learning model of critical thinking skills gained by students increased. This is shown from the increase in the percentage of students who initially 100% in the less critical category to 4% in the very critical category, 56% critical, 36% quite critical, and 4% less critical.


Keywords


Discovery Learning; Critical Thinking skills; Global Warming

Full Text:

PDF

References


Afandi, muhamad dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula press

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Daulae, Tatta Herawati. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Iain Padang Sidimpuan. 6(2),131-150

Haryani, Desti. 2011. Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. 1980:121-126

Indrawati. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jember: Universitas Jember

Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. D. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Mureningsih, Endang S. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniyah. Edisi VII: 215

Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran : Implementasi, Konsep, Karakteristik, Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras

Nugrahaeni, Amelia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1(1) 23-29

Nurtanto, Muhammad dan Sofyan Herminarto. 2015. Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor dan Afektif Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 5(3),352-364

Purwanto, Candra Eko, dkk. 2012. Penerapan model pembelajaran gided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurna pendidikan fisika unnes. 1(1),26-32

Santyasa, I.W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract has been read : 2140 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats