Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Rangkaian Listrik Kelas VI SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon, R. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Andi, P. (2020). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, FKIP, Unissula. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.
Astuti, Y. P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 83–90.
Bruton, R. (2017). STEM Education Policy Statement 2017-2026. Department Education and Skill, Irlandia.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education Challenges and Oppartunities. NSTA.
Dasar, D. P. S. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dirto. (2021). Modul dan Buku Cetak, Apa Perbedaannya? Pusdiklat.Perpusnas.Go.Id. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/71/modul-dan-buku-cetak-apa-perbedaannya
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.
Fitri. (2019). Perbedaan Buku Teks, Buku Ajar, dan Buku Diktat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Lembaga Layanan Pendidikan Tingggi
Wilayah Maluku & Maluku Utara. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2012/09/22/perbedaan-buku-teks-buku-ajar-dan-buku-diktat.html
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.
Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia. LPPM Universitas Negeri Jakart.
Hamdayana, J. (2019). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Literasi Nusantara.
Harjanto. (2014). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.
Mainam. (2018). Penerapan Metode STAD Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III SDN 002 Sekip Hulu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1217–1281.
Mulyana, A. (2020). Penelitian Pengembangan (Research and Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D. Ainamulyana.Blogspot.Com. https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-pengembangan-research-and.html
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana, 453–460.
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan. ALFABETA.
Nisa, P., & Nugroho, O. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis STEM Pada Materi Sumber Energi Di Kelas IV SDN Serdang Wetan. Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–110.
Nurfalah, F. S., Haryanti, Y. D., & Susilo, S. V. (2019). Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Project Based Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 1–7. file:///C:/Users/HP/Downloads/70-Article Text-144-1-10-20191025.pdf
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Oktavia, R. (2019). Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Junral Semesta Pendidikan IPA, 32–36.
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2020). Analisis
Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SM
Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (Jppipai), 2(2), 7–12.
Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 23–34.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Pribadi, B. A., & Putri, D. A. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.
Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan UNY 2015, Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan
Matematika 467–474.
http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-68.pdf
RAHMATINA, C. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di SMA/MA. In Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Reeve, E. M. (2015). Science, Technoogy, Engineering, & Mathematics is Here to Stay. Utah State University.
Research, H. (2011). K-12 STEM Education Overview. www.hanoverresearch.com. www.hanoverresearch.com
Riadi, M. (2021). Metode Eksperimen (Pengertian, Tujuan, Jenis, Prosedur dan Tahapan). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2021/09/metode-eksperimen.html
Riyanto, S. (2020). Materi IPA Kelas 6 - Rangkaian listrik dan fungsi komponen. Cer-Dik.COM.https://www.cer-dik.com/2020/09/materi-ipa-kelas-6-rangkaia listrik.html
Roestiyah. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Selvi, Y. (2021). Pengembangan Buku Panduan Guru SD Berbasis STEAM Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sulistiyono, E., Pangestu, W. T., & Wana, P. R. (2021). Efektivitas Pembelajaran STEM ( Science , Technology , Engineering And Mathematic ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(3), 791–795. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1207
Syukri, M., Soewarno, S., Halim, L., & Mohtar, L. E. (2018). The Impact of Engineering Design Process in Teaching and Learning to Enhance Students’ Science Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12297
Tarigan. (2014). Telaah Buku Tematik Sekolah Dasar. Angkasa.
Trianto. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.
Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117.
Wiweka, E. (2020). Rangkaian Listrik Materi IPA Kelas 6 SD. Blog Guru Inovatif Tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman. https://tematikekawiweka.mapel.xyz/2020/04/rangkaian-listrik-materi-ipa-kelas-6-sd.html
Yuanita, & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Materi Kelistrikan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9046
Article Metrics
Abstract has been read : 942 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats