Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Rangkaian Listrik Kelas VI SD

Sendy Patika, Rohana Rohana, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engeneering and Matchmatics (STEM)  Pada Materi Rangkaian Listrik Kelas VI SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengembangkan bahan ajar menggunakan pendekatan STEM materi rangkaian listrik pada siswa kelas VI SD yang valid, (2) Mengembangkan bahan ajar menggunakan pendekatan STEM materi rangkaian listrik pada siswa kelas VI SD yang praktis, (3) Mengembangkan bahan ajar pendekatan STEM untuk menggunakan buku teks materi rangkaian listrik pada siswa kelas VI SD yang memilikiefek potensial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah angket, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif berdasarkan dari data yang diperoleh melalui lembar validasi dengan hasil aspek materi rata-rata sebesar 86%, aspek media 90%, aspek bahasa 76%, dan aspek pendidik sebesar 85,4%. Kemudian, hasil pengembangan ­bahan ajar dinyatakan praktis dapat dilihat dari data yang diperoleh melalui lembar angket tahap before sebesar 69,3% dan pada tahap after nilai rata- rata siswa berjumlah 98,6%. Dan selanjutnya, bahan ajar yang dapat dinyatakan efektif dapat dilihat dari data yang diperoleh dari nilai rata-rata soal tes siswa sebesar 79,7.

Keywords


Pengembangan; Bahan Ajar; Pendekatan; STEM

Full Text:

PDF

References


Akdon, R. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Andi, P. (2020). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, FKIP, Unissula. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.

Astuti, Y. P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 83–90.

Bruton, R. (2017). STEM Education Policy Statement 2017-2026. Department Education and Skill, Irlandia.

Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education Challenges and Oppartunities. NSTA.

Dasar, D. P. S. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dirto. (2021). Modul dan Buku Cetak, Apa Perbedaannya? Pusdiklat.Perpusnas.Go.Id. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/71/modul-dan-buku-cetak-apa-perbedaannya

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Fitri. (2019). Perbedaan Buku Teks, Buku Ajar, dan Buku Diktat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Lembaga Layanan Pendidikan Tingggi

Wilayah Maluku & Maluku Utara. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2012/09/22/perbedaan-buku-teks-buku-ajar-dan-buku-diktat‏.html

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia. LPPM Universitas Negeri Jakart.

Hamdayana, J. (2019). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Literasi Nusantara.

Harjanto. (2014). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Mainam. (2018). Penerapan Metode STAD Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III SDN 002 Sekip Hulu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1217–1281.

Mulyana, A. (2020). Penelitian Pengembangan (Research and Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D. Ainamulyana.Blogspot.Com. https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-pengembangan-research-and.html

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana, 453–460.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan. ALFABETA.

Nisa, P., & Nugroho, O. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis STEM Pada Materi Sumber Energi Di Kelas IV SDN Serdang Wetan. Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–110.

Nurfalah, F. S., Haryanti, Y. D., & Susilo, S. V. (2019). Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Project Based Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 1–7. file:///C:/Users/HP/Downloads/70-Article Text-144-1-10-20191025.pdf

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.

Oktavia, R. (2019). Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Junral Semesta Pendidikan IPA, 32–36.

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2020). Analisis

Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SM

Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (Jppipai), 2(2), 7–12.

Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 23–34.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Pribadi, B. A., & Putri, D. A. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan UNY 2015, Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan

Matematika 467–474.

http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-68.pdf

RAHMATINA, C. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di SMA/MA. In Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Reeve, E. M. (2015). Science, Technoogy, Engineering, & Mathematics is Here to Stay. Utah State University.

Research, H. (2011). K-12 STEM Education Overview. www.hanoverresearch.com. www.hanoverresearch.com

Riadi, M. (2021). Metode Eksperimen (Pengertian, Tujuan, Jenis, Prosedur dan Tahapan). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2021/09/metode-eksperimen.html

Riyanto, S. (2020). Materi IPA Kelas 6 - Rangkaian listrik dan fungsi komponen. Cer-Dik.COM.https://www.cer-dik.com/2020/09/materi-ipa-kelas-6-rangkaia listrik.html

Roestiyah. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Selvi, Y. (2021). Pengembangan Buku Panduan Guru SD Berbasis STEAM Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sulistiyono, E., Pangestu, W. T., & Wana, P. R. (2021). Efektivitas Pembelajaran STEM ( Science , Technology , Engineering And Mathematic ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(3), 791–795. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1207

Syukri, M., Soewarno, S., Halim, L., & Mohtar, L. E. (2018). The Impact of Engineering Design Process in Teaching and Learning to Enhance Students’ Science Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12297

Tarigan. (2014). Telaah Buku Tematik Sekolah Dasar. Angkasa.

Trianto. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117.

Wiweka, E. (2020). Rangkaian Listrik Materi IPA Kelas 6 SD. Blog Guru Inovatif Tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman. https://tematikekawiweka.mapel.xyz/2020/04/rangkaian-listrik-materi-ipa-kelas-6-sd.html

Yuanita, & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Materi Kelistrikan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9046


Article Metrics

Abstract has been read : 942 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats