Pengembangan Aplikasi “Kawan SMK” untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut pada Siswa SMK

Authors

  • Elwas Berdha Krismona Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ribut Purwaningrum Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Naharus Surur Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8591

Keywords:

Kawan SMK, Planning for Higher Studies

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan prototipe 2 aplikasi “Kawan SMK†untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut siswa SMK di Kota Surakarta. Penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall (1983) yang dilaksanakan hingga tahap main product revision atau revisi produk yang dilakukan setelah uji validitas ahli menggunakan inter-rater agreement pada dua ahli bimbingan dan konseling dan dua ahli media. Hasil uji validitas ahli produk aplikasi “Kawan SMK†yang dilakukan pada dua ahli bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa produk memiliki validitas tinggi (0,89 dan 0,95), sehingga pengembangan prototipe aplikasi “Kawan SMK†layak digunakan sebagai media layanan bimbingan dan konseling. Pengembangan aplikasi “Kawan SMK†memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah produk dapat digunakan sebagai media layanan bimbingan konseling secara efektif dan efisien, produk tidak hanya dapat digunakan oleh siswa SMK kelas 12 namun juga siswa kelas 10 dan 11, produk dapat membantu siswa SMK memperoleh pengetahuan tentang pendidikan lanjutan secara mudah, dan produk memberi kemudahan guru BK dalam pemberian layanan kepada siswa tanpa harus bertatap muka. Aplikasi “Kawan SMK†dapat digunakan oleh guru BK sebagai salah satu media dalam pemberian layanan perencanaan individual bagi siswa SMK untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfurqon, H. S. (2012). Minat Siswa SMK Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.

Amalianita, B. & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karier. Internasional Journal of Research in Counseling and Education. 1 (1), 1-7.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Laporan Survei Internet APJII 20192020 (Q2)

CNBC Indonesia. (2019). Penyumbang Pengangguran Tertinggi, Jumlah SMK Kok

Ditambah? Diperoleh pada 12 Oktober 2019 dari https://www.cnbcindonesia.com/news/

Budiman, A. (2019). Kolom Pakar: Industri 4.0 vs Society 5.0. Humas Fakultas Teknik. Yogyakarta: UGM.

Borg, W.R & Gall, D. (1983). Educational Research : An Introduction. New York: Longman.

Damarjati, T. (2016). Mengubah Citra SMK Tak Lagi Sekolah Terakhir. Direktorat

Pembinaan SMK. Diperoleh pada 21 September 2019 dari

https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2500/mengubah-citra-smk-tak-lagi-sebagaisekolah-terakhir

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Gysbers, C. N & Henderson, P. (1976). Developong and Managing: Your School Guidance & Counseling Program. America School Counseling Association: Alexandria.

Indriyanti, N. Siswandari, Ivada, E. (2013). Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas

Maret. 1(2), 1-10. Diperoleh pada 25 September 2019, dari

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2382

Irawan, T. (2018). Pengembangan Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi. Surakarta.

Kompas. (2019, 13 Agustus). Mendorong Lahirnya Wirausaha Muda Lewat Kompetisi

Perusahaan Siswa. Diperoleh pada 13 Oktober 2019 dari

https://edukasi.kompas.com/read/2019/08/13/20524161/

Lukitaningrum, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Basis Data di Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lulusan SMK: Bekerja, Wirausha, atau Kuliah? (2019). Jombang: Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah

Miskiya, L. (2013). Faktor Determinan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi dipublikasikan Universitas Negeri Semarang.

Noor, I H M. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (3), 285-297. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462

Onday, O. (2019). Japans Society 5.0: Going Beyond Industry 4.0. 1PhD student, Yeditepe University Department of Business Administration. Diperoleh pada 30

September 2019, dari

https://www.researchgate.net/publication/330500307_Japan's_Society_50_ Going_Beyond_Industry_40

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 70 Tahun 2013. Kerangka Dasar & Struktur Kurikulum SMK/ MAK. 2013. Jakarta.

Plomp, T. & Nieveen, N. (2013). Educational Design Reseacrh. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development.

Riyadi, A. S., Retnadi, E., & Supriatna, A. D. (2013). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru Di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango. Jurnal Algoritma, 9 (2), 327-337. DOI: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.9-2.327

Setiaji, K. & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi.10(1), 45-59. Diperoleh pada 11 Juni 2019, dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1598 DOI: https://doi.org/10.17977/UM014v10i12017p052

Setiawan, Y. (2017). Mengubah Citra SMK Tak Lagi Sebagai Sekolah Terakhir https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2500/mengubah-citra-smk-tak-lagisebagai-

Sumual, H. & Sumual, H. M. (2016). Production Unit of Vocational High School: Learning Resource and Enterpreneurships Place. Innovation of Vocational Technology Education, 12(2), 60-65. Diperoleh pada 25 Mei 2019, dari DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v12i2.6204

https://media.neliti.com/media/publications/66577-EN-production-unitofvocational-high-schoo.pdf

Tarsidi, D. (2007). Teori perkembangan karir. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Usman, H. & Darmono. (2016). Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Yogyakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizki Press.

Downloads

Published

2021-05-21

Issue

Section

Articles