Pengembangan Aplikasi “Kawan SMK†untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8591Keywords:
Kawan SMK, Planning for Higher StudiesAbstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan prototipe 2 aplikasi “Kawan SMK†untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut siswa SMK di Kota Surakarta. Penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall (1983) yang dilaksanakan hingga tahap main product revision atau revisi produk yang dilakukan setelah uji validitas ahli menggunakan inter-rater agreement pada dua ahli bimbingan dan konseling dan dua ahli media. Hasil uji validitas ahli produk aplikasi “Kawan SMK†yang dilakukan pada dua ahli bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa produk memiliki validitas tinggi (0,89 dan 0,95), sehingga pengembangan prototipe aplikasi “Kawan SMK†layak digunakan sebagai media layanan bimbingan dan konseling. Pengembangan aplikasi “Kawan SMK†memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah produk dapat digunakan sebagai media layanan bimbingan konseling secara efektif dan efisien, produk tidak hanya dapat digunakan oleh siswa SMK kelas 12 namun juga siswa kelas 10 dan 11, produk dapat membantu siswa SMK memperoleh pengetahuan tentang pendidikan lanjutan secara mudah, dan produk memberi kemudahan guru BK dalam pemberian layanan kepada siswa tanpa harus bertatap muka. Aplikasi “Kawan SMK†dapat digunakan oleh guru BK sebagai salah satu media dalam pemberian layanan perencanaan individual bagi siswa SMK untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut.
Downloads
References
Alfurqon, H. S. (2012). Minat Siswa SMK Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.
Amalianita, B. & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karier. Internasional Journal of Research in Counseling and Education. 1 (1), 1-7.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Laporan Survei Internet APJII 20192020 (Q2)
CNBC Indonesia. (2019). Penyumbang Pengangguran Tertinggi, Jumlah SMK Kok
Ditambah? Diperoleh pada 12 Oktober 2019 dari https://www.cnbcindonesia.com/news/
Budiman, A. (2019). Kolom Pakar: Industri 4.0 vs Society 5.0. Humas Fakultas Teknik. Yogyakarta: UGM.
Borg, W.R & Gall, D. (1983). Educational Research : An Introduction. New York: Longman.
Damarjati, T. (2016). Mengubah Citra SMK Tak Lagi Sekolah Terakhir. Direktorat
Pembinaan SMK. Diperoleh pada 21 September 2019 dari
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2500/mengubah-citra-smk-tak-lagi-sebagaisekolah-terakhir
Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Gysbers, C. N & Henderson, P. (1976). Developong and Managing: Your School Guidance & Counseling Program. America School Counseling Association: Alexandria.
Indriyanti, N. Siswandari, Ivada, E. (2013). Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas
Maret. 1(2), 1-10. Diperoleh pada 25 September 2019, dari
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2382
Irawan, T. (2018). Pengembangan Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi. Surakarta.
Kompas. (2019, 13 Agustus). Mendorong Lahirnya Wirausaha Muda Lewat Kompetisi
Perusahaan Siswa. Diperoleh pada 13 Oktober 2019 dari
https://edukasi.kompas.com/read/2019/08/13/20524161/
Lukitaningrum, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Basis Data di Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Lulusan SMK: Bekerja, Wirausha, atau Kuliah? (2019). Jombang: Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
Miskiya, L. (2013). Faktor Determinan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi dipublikasikan Universitas Negeri Semarang.
Noor, I H M. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (3), 285-297. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462
Onday, O. (2019). Japans Society 5.0: Going Beyond Industry 4.0. 1PhD student, Yeditepe University Department of Business Administration. Diperoleh pada 30
September 2019, dari
https://www.researchgate.net/publication/330500307_Japan's_Society_50_ Going_Beyond_Industry_40
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 70 Tahun 2013. Kerangka Dasar & Struktur Kurikulum SMK/ MAK. 2013. Jakarta.
Plomp, T. & Nieveen, N. (2013). Educational Design Reseacrh. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development.
Riyadi, A. S., Retnadi, E., & Supriatna, A. D. (2013). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru Di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango. Jurnal Algoritma, 9 (2), 327-337. DOI: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.9-2.327
Setiaji, K. & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi.10(1), 45-59. Diperoleh pada 11 Juni 2019, dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1598 DOI: https://doi.org/10.17977/UM014v10i12017p052
Setiawan, Y. (2017). Mengubah Citra SMK Tak Lagi Sebagai Sekolah Terakhir https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2500/mengubah-citra-smk-tak-lagisebagai-
Sumual, H. & Sumual, H. M. (2016). Production Unit of Vocational High School: Learning Resource and Enterpreneurships Place. Innovation of Vocational Technology Education, 12(2), 60-65. Diperoleh pada 25 Mei 2019, dari DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v12i2.6204
https://media.neliti.com/media/publications/66577-EN-production-unitofvocational-high-schoo.pdf
Tarsidi, D. (2007). Teori perkembangan karir. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Usman, H. & Darmono. (2016). Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Yogyakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizki Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.