PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v1i2.189Keywords:
Motivasi Belajar, Bimbingan dan Konseling IslamiAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa
melalui layanan bimbingan dan konseling Islami. Peningkatan motivasi belajar
pada siswa di sekolah sebenarnya sudah dilakukan oleh konselor dan para guru
melalui layanan pembelajaran dan layanan bimbingan dan konseling. Usaha
peningkatan motivasi belajar tersebut belum menunjukkan hasil yang optimal, hal
tersebut terbukti masih banyaknya anak usia sekolah yang melakukan kegiatan
yang tidak sesuai dengan tugasnya pokoknya sebagai pelajar yaitu belajar, malah
melakukan kegiatan yang tidak mengembangkan kemampuan belajarnya. Hasil
penelitian Asroful (2011) menunjukkan 65% siswa memiliki motivasi belajar
rendah.
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan Asroful (2011) yang berupaya
untuk meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan dan konseling Islami
dengan tiga siklus menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar. Pada
siklus I hanya 35% siswa memiliki motivasi belajar tinggi, pada siklus II
meningkat menjadi 56% siswa, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang
cukup signifikan yaitu 83% siswa mempunyai motivasi belajar tinggi.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan
motivasi belajar siswa dapat dilakukan melalui layanan bimbingan dan konseling
Islami.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.