PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI

Ibnu Mahmudi

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa
melalui layanan bimbingan dan konseling Islami. Peningkatan motivasi belajar
pada siswa di sekolah sebenarnya sudah dilakukan oleh konselor dan para guru
melalui layanan pembelajaran dan layanan bimbingan dan konseling. Usaha
peningkatan motivasi belajar tersebut belum menunjukkan hasil yang optimal, hal
tersebut terbukti masih banyaknya anak usia sekolah yang melakukan kegiatan
yang tidak sesuai dengan tugasnya pokoknya sebagai pelajar yaitu belajar, malah
melakukan kegiatan yang tidak mengembangkan kemampuan belajarnya. Hasil
penelitian Asroful (2011) menunjukkan 65% siswa memiliki motivasi belajar
rendah.
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan Asroful (2011) yang berupaya
untuk meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan dan konseling Islami
dengan tiga siklus menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar. Pada
siklus I hanya 35% siswa memiliki motivasi belajar tinggi, pada siklus II
meningkat menjadi 56% siswa, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang
cukup signifikan yaitu 83% siswa mempunyai motivasi belajar tinggi.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan
motivasi belajar siswa dapat dilakukan melalui layanan bimbingan dan konseling
Islami.


Keywords


Motivasi Belajar;Bimbingan dan Konseling Islami

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 6166 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v1i2.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.