PKM Pelatihan Membuat RPS Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ernawati Ernawati STKIP PGRI Bangkalan
  • Bagus Imam Faisal STKIP PGRI Bangkalan
  • M. Sahid STKIP PGRI Bangkalan
  • Dian Eka Indriani STKIP PGRI Bangkalan
  • Sunardjo Sunardjo STKIP PGRI Bangkalan
  • Anindita Trinura Novitasari STKIP PGRI Bangkalan
  • Imam Mawardi STKIP PGRI Bangkalan
  • Diah Retna Yuniarti STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.25273/e-d.v3i1.20625

Keywords:

Pelatihan, Penyusunan RPS, Kurikulum Merdeka

Abstract

Abstrak: Tujuan mengadakan kegiatan pelatihan membuat RPS kurikulum Merdeka, yaitu dengan memperhatikan kebutuhan dan kompetensi yang harus dimiliki oleh dosen untuk dapat Menyusun dan mengimplementasikan kurikulum dengan baik. Kurikulum memegang peranan penting dalam proses edukasi, penyusunannya disesuaikan dengan tuntutan di lapangan. ‘kurikulum Merdeka belajar – kampus merdeka’ adalah kebijakan dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa memperoleh pengetahuan relevan untuk dunia kerja serta memberikan kebebasan dalam memilih mata kuliah yang diinginkan. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para dosen berjumlah 19 orang yang mengajar di lingkungan STKIP PGRI Bangkalan. Metode pelaksanakan kegiatan ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, serta presentasi hasil diskusi. Dengan menggunakan dua tahap. Tahap pertama menjelaskan secara singkat tentang pentingnya RPS dalam proses pembelajaran, pengenalan konsep kurikulum Merdeka dan bagaimana RPS mendukung implementasinya. Tahap dua dilaksanakan pengembangan penyusunan RPS. Hasil pelatihan ini adalah rancangan serangkaian proses pendidikan atau pembelajaran yang bertujuan mencapai learning outcomes (hasil belajar), terbukti membantu dosen dalam menyusun draf RPS kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, L. H., Hidayati, V. R., & dkk. (2023). Workshop Integrasi Prinsip Kurikulum Merdeka dalam rencana Perkuliahan Di Program Studi PGSD Universitas Mataram. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 68-73.

Asnaini. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pemanfaatan TIK melalui Bimbingan Belajar di SD Negeri22 Banda Aceh. Serambi Akademica, 329-336.

Ernawati. (2022). Application of Contextual Learning Methods in Social Studies Subjects on Learning Motivation of Elementary School Students in Bangkalan. Edutec: Journal Of Education And Technology, 1011-1023.

Faisal, B. I. (2022). Pertanggung Jawaban Pidana UU ITE Terhadap Pembobolan Data Pribadi di Era Serba Digital. civic-culture: Jurnal ilmu pendidikan PKn dan sosial budaya, 652-661.

Fatimah, S., & Ngatmini, S. S. (2021). Revitalisasi Silabus dan Rencana Pembelajaran Semester Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV , -.

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: -

Manalu, J. B. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (pp. 80-88). -: Mahesa Center.

Muslim. (2021). Pengembangan Kompetensi Dosen melalui Sosialisasi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Era Revolusi Industri 4.0. ejournal.id, 107-115.

Vhalery, R., & Albertus Maria Setyastanto, A. w. (2022). Kurukulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal Of Education , 185-201.

Wijayanti, R. (2022). Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Pondok Pesantren MenggunakanModul Ajar . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 782-788.

Downloads

Published

2024-07-19

Issue

Section

Articles