Pendampingan Penyusunan Karya Ilmiah PTK Pada Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngawi

Authors

  • Wahyuningsih Wahyuningsih Universitas PGRI Madiun
  • Wikanso Wikanso Universitas PGRI Madiun
  • Teja Insyaf Sukariyadi Universitas PGRI Madiun
  • Indra Puji Astuti Universitas PGRI Madiun
  • Ridam Dwi Laksono Universitas PGRI Madiun
  • Devi Cintia Kasimbara Universitas PGRI Madiun
  • Kodrat Eko Putro Setiawan Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/e-d.v3i1.20164

Keywords:

Karya Ilmiah, Penyususnan, Pendampingan, PTK

Abstract

Kegiatan abdimas ini dilaksanakan di SDN Pelem 2 Ngawi yang dihadiri oleh guru-guru SD yang berada di Gugus 01 Kecamatan Ngawi yang terdiri dari guru PNS maupun guru honorer berupa penulisan karya imiah yang berfokus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan ini menekankan pentingnya sebuah penelitian yang dilakukan guru tentang permasalahan pembelajaran yang dihadapi di kelas serta alternatif  solusi untuk mengatasinya. Di samping itu karya ilmiah sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi guru dan jangka panjangnya untuk kenaikan pangkat golongan bagi PNS.  Kegiatan ini berlangsung dengan tiga tahap yaitu ceramah, tanya jawab dan pendampingan. Materi yang disampaikan mengenai cara menyusun karya ilmiah PTK meliputi sistematika penulisan, metode dan alur serta laporan penelitian. Adanya pendampingan ini membantu para guru dalam menyusun PTK yang bermanfaat untuk perbaikan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., Fitri, M. (2020). “Bimbingan Pembuatan Proposal PTK Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasinâ€. Bubungan Tinggi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 110-115. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.1791

Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., Syahrian, A.H. (2022). “Bimbingan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasinâ€. CARMIN : Journal of Community Service, 2(1), 8-11. DOI: https://doi.org/10.59329/carmin.v2i1.45

Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., Asy’ari, M. (2016). “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru di Mts.NW Mertaknaoâ€. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38-40. DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v1i1.402

Koro, M., Taneo, S.P., Adoe, T.Y.N., Benu, A.B.N., Lala, S.G.U.L., Sampe, M., Ngara, M., Boboy, O. (2023). “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di SDN Balfai Penfui Timurâ€. PEMIMPIN : Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 17-20. DOI: https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i1.776

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Press

Muliyani, S.E., Hulfian, L., Isyani, Primayanti, I., Yundarwati, S. (2019). “Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Open Journal System (OJS) Pada Guru MGMP Olahraga Lombok Timurâ€. Abdi Masyarakat, 1(1), 1-5. DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v1i1.905

Mu’alimin & Cahyadi, R.A.H. (2014). Penelitian Tindakan kelas Teori dan Praktik. Pasuruan : Ganding Pustaka

Ni’amah. Z.A. (2017). “Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Faktaâ€. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1-22. DOI: https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.480

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka kreditnya. 2010. Jakarta : Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Slameto. (2016). “Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelasâ€. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 46-57. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Suprihati & Fitria, T.N. (2021). “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Bagi Mahasiswa D3 dan S1 di Provinsi Jawa dan Luar Jawaâ€. JIPM : Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13-21. DOI: https://doi.org/10.47232/jptm.v1i1.91

Supriyanto, A. (2017). “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelasâ€. Abdimas Pedagogi, 1(1), 1-7. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Zuliana, E. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Karya Tulis Ilmiah Terdekat Bagi Guru. Seminar Universitas Muria Kudus, 4 Oktober

Downloads

Published

2024-07-20

Issue

Section

Articles