Pendampingan Guru Sekolah Dasar untuk Penguatan Keterampilan Pengajaran Literasi Numerasi di SDN Sidorejo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.25273/e-d.v2i2.19323Keywords:
Pendampingan, Literasi, Numerasi,Abstract
Literasi dan numerasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa termasuk siswa SDN Sidorejo 1. Pengembangan kemampuan literasi dan numerasi di sekolah menjadi tanggung jawab guru sebagai pembimbing, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum dapat melaksanakan pembelajaran literasi dan numerasi secara optimal. Kegiatan KKN-T Bakti Negeri yang dilakukan bertujuan untuk menguatkan keterampilan guru dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara kolaborasi antara mahasiswa dengan guru. Hasil kegiatan KKN-T Bakti Negeri ini adalah adanya peningkatan pada keterampilan pengajaran literasi dan numerasi pada guru. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, kegiatan pendampingan yang telah dilakukan sangat penting sehingga akan terus dilakukan secara berkelanjutan melalui media online.
Downloads
References
Astini, N. K. S., & STKIP. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1 Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 2018, 113–115.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Feriyanto, F. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristekdikti menetapkan kebijakan. Jurnal Gammath, 07(02), 86–94.
Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/58/23
I Luh Aqnez Sylvia, S. S. S. T. M. S., Purwati, S. T. Y. S. S. T., & Rukiyem, S. T. (2021). GURU HEBAT DI ERA MILENIAL. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=fEwvEAAAQBAJ
M. Rohwati. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75–81.
Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Tjandrawiranata, R. R. (2016). Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan Dan Bioteknologi. April. https://doi.org/10.5281/zenodo.49404
Tonni Limbong, M. K., Moloan, A. A., & Manik, J. M. (2022). Desain Grafis : Teori dan Praktek dengan CorelDRAW X7. Cattleya Darmaya Fortuna. https://books.google.co.id/books?id=dCmWEAAAQBAJ
Zayyadi, M. (2023). Siswa Indonesia membutuhkan penguatan literasi dan numerasi . Hal ini mengalami peningkatan signifikan bahkan cenderung menurun . Kondisi ini terjadi kehidupan keseharian siswa sehingga terasa tidak bermakna . pandemi Covid-19 yang memaksa siswa kegiatan pembelajaran terganggu . Survei Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perangkat digital . Di lain sisi , 88 , 7 % siswa laptop , listrik , jaringan internet , dan gawai . January.