Pendampingan Manajemen Produk pada Pelaku UMKM di Desa Sukorejo, Kabupaten Madiun

Authors

  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun
  • Anik Sulifah Universitas PGRI Madiun
  • Nurcholis Darmawan Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Yusril 'Izza Royyan Universitas PGRI Madiun
  • Ratna Ramadhani Damayanti Universitas PGRI Madiun
  • Restyono Ilham Syahputra Universitas PGRI Madiun
  • Dea Ayu Melati Putri Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/.v1i2.15635

Keywords:

UMKM, identitas produk, identitas usaha, kemasan produk

Abstract

Di Desa Sukorejo ditemukan masih banyak pelaku usaha yang kurang literat terhadap bidang usahanya, seperti belum adanya identitas usaha, belum adanya stiker produk pada kemasan, tidak adanya banner usaha, dan masih kurangnya minat untuk memasarkan produk melalui sosial media. Berdasarkan hal tersebut, program pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat identitas produk pada bidang pemasaran agar pelaku UMKM di Desa Sukorejo merasakan dampak kegiatan promosi pada kegiatan jual beli. Pelaksanaan program dilakukan dengan pendampingan kepada para pelaku UMKM dengan tahapan 1) Persiapan, 2) Penyampaian materi dan pendampingan, dan 3) Evaluasi. Hasil program menunjukkan bahwa pelaku UMKM telah mendapatkan pengalaman dan penguatan identitas produk, identitas usaha, dan tampilan kemasan produk sehingga berdampak pada tingkat penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020).

Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil

Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Halim Saputra, H., Fadli, U., Ratu Khalida, L., Perjuangan Karawang Jalan Ronggo Waluyo Sirnabaya, B., Timur, T., & Barat, J. (2022). Penerapan Strategi Brand Equity Sebagai Identitas Produk Keripik. Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1). https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.2145

Junaidi, F., Zaenal Abidin, R., & Fatmawati, A. (n.d.). Optimalisasi Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing pada UMKM Cendol Dawet Sagu Lasah Desa Tawangargo

Sari, Y. P., Farida, I., & Hetika, H. (2019). Model Pendampingan Umkm

Pengolahan Hasil Laut Dengan Metode Pendekatan Pendampingan

Terintegrasi. Monex: Journal of Accounting Research, 8(1), 293–302.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(01), 40–49.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam

pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di distrik abepura jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles