Pendampingan Manajemen Produk pada Pelaku UMKM di Desa Sukorejo, Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/.v1i2.15635Keywords:
UMKM, identitas produk, identitas usaha, kemasan produkAbstract
Di Desa Sukorejo ditemukan masih banyak pelaku usaha yang kurang literat terhadap bidang usahanya, seperti belum adanya identitas usaha, belum adanya stiker produk pada kemasan, tidak adanya banner usaha, dan masih kurangnya minat untuk memasarkan produk melalui sosial media. Berdasarkan hal tersebut, program pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat identitas produk pada bidang pemasaran agar pelaku UMKM di Desa Sukorejo merasakan dampak kegiatan promosi pada kegiatan jual beli. Pelaksanaan program dilakukan dengan pendampingan kepada para pelaku UMKM dengan tahapan 1) Persiapan, 2) Penyampaian materi dan pendampingan, dan 3) Evaluasi. Hasil program menunjukkan bahwa pelaku UMKM telah mendapatkan pengalaman dan penguatan identitas produk, identitas usaha, dan tampilan kemasan produk sehingga berdampak pada tingkat penjualan.
Downloads
References
Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020).
Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil
Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Halim Saputra, H., Fadli, U., Ratu Khalida, L., Perjuangan Karawang Jalan Ronggo Waluyo Sirnabaya, B., Timur, T., & Barat, J. (2022). Penerapan Strategi Brand Equity Sebagai Identitas Produk Keripik. Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1). https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.2145
Junaidi, F., Zaenal Abidin, R., & Fatmawati, A. (n.d.). Optimalisasi Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing pada UMKM Cendol Dawet Sagu Lasah Desa Tawangargo
Sari, Y. P., Farida, I., & Hetika, H. (2019). Model Pendampingan Umkm
Pengolahan Hasil Laut Dengan Metode Pendekatan Pendampingan
Terintegrasi. Monex: Journal of Accounting Research, 8(1), 293–302.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.
Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(01), 40–49.
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam
pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di distrik abepura jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.