Pelatihan Robotik Menggunakan Arduino untuk Siswa SMPN 1 Selorejo
DOI:
https://doi.org/10.25273/.v1i2.15530Keywords:
Arduino, Robotik, Pelatihan, Pendampingan, Line FollowerAbstract
Teknologi semakin berkembang setiap hari sehingga berpengaruh pada sektor pendidikan. Sebagai pelaku, pendidik dan peserta didik wajib merespon hal tersebut. Pembiasaan penggunaan teknologi dalam pembelajaran bagi peserta didik sejak dini akan membawa dampak yang positif. Salah satu bentuk teknologi yang sedang berkembang adalah papan arduino. Aplikasi dari ardunio yang sedang berkembang pesat yaitu robot. Pada prakteknya pembelajaran tentang robot dapat dilakukan melalui kegiatan edukatif sehingga siswa dapat mengimplementasikan sains secara mudah, murah dan menyenangkan. Berbekal pada hal tersebut pelatihan robot menggunakan arduino untuk siswa SMPN 1 Selorejo ini dilakukan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pra-kegiatan, pelaksanaan, dan pasca kegiatan. Setiap tahapan kegiatan berjalan dengan lancar. Semua kelompok siswa mampu menyelesaikan proyek dengan baik diukur dari keberhasil robot yang telah dibuat.
Downloads
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Chandra, M., & Utomo, C. (2019). PELATIHAN SCRATCH CODING FOR KIDS DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DIGITAL DAN STORYTELLING DI. 01.
Hidayati, Q., Rachman, F. Z., Yanti, N., Jamal, N., & Suhaedi, S. (2017). Desain Model dan Simulasi PLC-Mikrokontroler sebagai Modul Pembelajaran Berbasis PLC. Jurnal Teknologi Rekayasa, 2(2), 73. https://doi.org/10.31544/jtera.v2.i2.2017.73-82
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Oky, O. (2018). Perancangan Robot Avoider Berbasis Arduino Uno Menggunakan Tiga Sensor Ultrasonik. EPIC : Journal of Electrical Power, Instrumentation and Control, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.32493/epic.v1i2.1529
Pratama, R. A., & Permana, I. (2021). Simulasi Permodelan Menggunakan Sensor Suhu Berbasis Arduino. Edu Elektrika Journal, 10(1), 7–12. https://www.firgelliauto.com/
Pratiwi, H. I., & Handoko, P. (2019). Aplikasi Arduino Uno Pada Modul Robot Manusia Sebagai Mediasi Pengajaran Desain, Narasi Dan Simulasi. Widyakala Journal, 6(2), 150. https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.196
Prihatiningrum, N., Barri, M. H., Pramudita, B. A., Fuadi, A. Z., Istiqomah, I., & Budiman, F. (2022). Workshop Arduino Untuk Menunjang Pembelajaran Stem Untuk Guru Ipa Smp. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3473–3481. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9783
Putra, A. S., Aribowo, A., Informasi, S., Komputer, F. I., Harapan, U. P., Informasi, S., Komputer, F. I., & Harapan, U. P. (2022). Penelitian awal perancangan sistem smart hand wash assistant menggunakan aplikasi tinkercad. 7(2).
Rahmawati, P., Afreza, I. N., Anshori, M. L., Putri, Q. A., & Lusiana, R. (2021). Pelatihan Bioenterpreneurship Bagi Remaja Putus Sekolah Di Loposos Desa Sambirejo untuk Meningkatkan Ekonomi Di Sektor Industri Kreatif. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-23.
Ridarmin, R., Fauzansyah, F., Elisawati, E., & Prasetyo, E. (2019). Prototype Robot Line Follower Arduino Uno Menggunakan 4 Sensor Tcrt5000. I N F O R M a T I K A, 11(2), 17. https://doi.org/10.36723/juri.v11i2.183
Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.
Setyansah, R. K., Suprapto, E., Kurniawan, Y. G., Putri, K. D., & Dewi, E. K. (2021). Penggunaan Handsanitizer, Sabun Cuci Tangan Alami Dan Disinfektan di Desa Ngale Sebagai Strategi Penanggulangan Virus Covid–19. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 10-18.
Siswanto, S., & Triono Sigit, H. (2019). Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika pada Siswa SMK Negeri I Kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 230–240. https://doi.org/10.21632/jpmi.1.1.230-240
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenamedia Group.
YOLANDA, Y., & Arini, W. (2018). Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i1.74
Zabir, A. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–10.