Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD Negeri 2 Gandong, Tulungagung

Dwi Nila Andriani, Fitria Ramdhani, Mimatul Risma Septiani, Ririn Fitriani, Muchammad Gohan Dwi Handiyani

Abstract


Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui kegiatan dan keterlibatan selama satu semester. Dalam program ini, siswa diinstruksikan untuk membantu  guru dan kepala sekolah  pada tingkat SD dan SMP melakukan pembelajaran, terutama untuk meningkatkan literasi, komputasi, dan adaptasi teknologi. Mahasiswa yang lolos seleksi dalam program ini ditugaskan pada mitra sekolah yang dipilih oleh pihak penyelenggara program Kampus Mengajar. Adapun sekolah yang menjadi tempat pelaksaan program Kampus Mengajar Angkatan 2 yaitu SD Negeri 2 Gandong, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan pada pengabdian berupa persiapan dan pelaksanaan. Adapun beberapa kegiatan dan program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa kampus mengajar yang bertempat di SD Negeri 2 Gandong diantaranya membantu aktivitas pembelajaran pada aspek literasi dan numerasi, membantu dalam implementasi teknologi, membantu administrasi sekolah. Hasil akhir dari kegiatan ini berupa penanaman karakter terutama dalam hal berempati terhadap permasalahan kehidupan masyarakat, mampu bekerja bersama lintas bidang ilmu, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata mahasiswa dan perguruan tinggi dalam pembangunan lokal hingga nasional.


Keywords


Kampus Mengajar Angkatan 2; Adaptasi Teknologi; Administrasi Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 (S. Aep Gunarsa (ed.); Cetakan ke). PT Refika Aditama.

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional.

Kemendikbud.2021.Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021.Jakarta : Kemendikbud

Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.

Setyansah, R. K., Suprapto, E., Kurniawan, Y. G., Putri, K. D., & Dewi, E. K. (2021). Penggunaan Handsanitizer, Sabun Cuci Tangan Alami Dan Disinfektan di Desa Ngale Sebagai Strategi Penanggulangan Virus Covid–19. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 10-18.

Rahmawati, P., Afreza, I. N., Anshori, M. L., Putri, Q. A., & Lusiana, R. (2021). Pelatihan Bioenterpreneurship Bagi Remaja Putus Sekolah Di Loposos Desa Sambirejo untuk Meningkatkan Ekonomi Di Sektor Industri Kreatif. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-23.


Article Metrics

Abstract has been read : 559 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i1.13461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Nila Andriani, Fitria Ramdhani, Mimatul Risma Septiani, Ririn Fitriani, Muchammad Gohan Dwi Handiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.