Meningkatkan produktifitas karya tulis ilmiah Melalui metode project based learning dan kegiatan ekstrakurikuler KIR

Nuri Ati Ningsih, Rosita Ambarwati, Yuli Kuswardani, Nadhatul Nurul Hasanah

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat di MAN 2 Kota Madiun ini menetapkan target pada (1) membangun proses berpikir siswa yang kritis, kreatif, dan inovatif,(2) meningkatkan kemampuan menulis ilmiah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR, (3)meningkatkan hasil karya tulis siswa peserta ekstrakurikuler KIR, dan (4) mencetak prestasi siswa di bidang karya tulis ilmiah. Kegiatan dilakukan dengan metode Project Based Learning dengan menerapkan 7 tahap kegiatan yaitu; 1: menyampaikan masalah kontekstual, 2: memberi tugas atau proyek, 3: mengamati masalah nyata berdasarkan fakta dilapangan, 4: diskusi dengan anggota tim dan pembimbing tentang data dilapangan, 5: menemukan alternatif pemecahan masalah, 6: evaluasi hasil kerja, dan 7: menuangkan dalam bentuk karya tulis. Hasil kegiatan selama satu semester adalah sebagai berikut; (1) membangun proses berpikir siswa yang kritis, kreatif, dan inovatif dilaksanakan dengan menggunakan metode mengajar Project Based Learning dengan tahapan 1,2 dan 3 ; (2) meningkatkan kemampuan menulis ilmiah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR telah dilakukan pada tahap 4,5,6,dan7;  (3)  meningkatkan hasil karya tulis siswa peserta ekstrakurikuler KIR, dilakukan dengan proses kontrol pada setiap pertemuan dan (4) mencetak prestasi siswa di bidang karya tulis ilmiah dengan mengikuti ajang perlombaan baik ditingkat lokal, regional dan nasional. Telah ada satu kelompok mengikuti perlombaan dan mendapatkan juara 1 di  tingkat nasional.


Keywords


Menulis Ilmiah; Ekstrakurikuler; Project Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Ningsih, N.A. (2022). Pengembangan Ketrampilan Menulis Ilmiah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam http://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI/article/view/844/634 diakses tanggal 20 April 2022.

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasih, A.P. (2021). Dalam https://www. kompas.com/ edu/read/2021 /04/22/161500771/mendikbud-nadiem-dorong-pembelajaran-project-based-learning -seperti-apa-?page=all

Nurkancana, W. & Sunartana. 1982. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Prastowo, A. (2012). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sani, R.A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.

Setyansah, R. K., Suprapto, E., Kurniawan, Y. G., Putri, K. D., & Dewi, E. K. (2021). Penggunaan Handsanitizer, Sabun Cuci Tangan Alami Dan Disinfektan di Desa Ngale Sebagai Strategi Penanggulangan Virus Covid–19. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 10-18.

Rahmawati, P., Afreza, I. N., Anshori, M. L., Putri, Q. A., & Lusiana, R. (2021). Pelatihan Bioenterpreneurship Bagi Remaja Putus Sekolah Di Loposos Desa Sambirejo untuk Meningkatkan Ekonomi Di Sektor Industri Kreatif. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-23.

Thabroni, G. (2021). Project Based Learning: Pengertian, Kelebihan, Sintaks, dsb. dalam https://serupa.id/project-based-learning/ diakses tanggal 22 April 2022.


Article Metrics

Abstract has been read : 210 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i1.13437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nuri Ati Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.