Pemanfaatan Media dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Vita Vendityaningtyas Universitas PGRI Madiun
  • Erlik Widiyani Styati Universitas PGRI Madiun
  • Nuri Ati Ningsih Universitas PGRI Madiun
  • Yuli Kuswardani Universitas PGRI Madiun
  • Theresia Budi Sucihati Universitas PGRI Madiun
  • Niken Rahayuningsih Universitas PGRI Madiun
  • Indah Puspita Ningrum Universitas PGRI Madiun

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar yang diimplementasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran dengan penekanan pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Dalam konteks pengajaran bahasa Inggris, kurikulum ini mendorong perubahan paradigma yang berfokus tidak hanya pada penguasaan materi tetapi juga pada keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Namun, sekolah-sekolah di daerah terpencil, seperti SDN Randugede 2, menghadapi tantangan dalam penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sering kali terjebak dalam metode konvensional yang mengurangi minat siswa. Penelitian ini berfokus pada pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk melatih guru dan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Melalui pelatihan yang mencakup penggunaan lagu, flashcard, dan stick puppet, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris dan mendorong keterlibatan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang tepat dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan efektif, meningkatkan antusiasme serta pemahaman siswa terhadap bahasa Inggris. Disarankan agar guru terus berinovasi dan mengoptimalkan penggunaan media dalam pengajaran untuk mendukung proses belajar yang lebih interaktif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-03