Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kawedanan Magetan

Authors

  • Vita Vendityaningtyas Universitas PGRI Madiun
  • Rizqi Husaini Universitas PGRI Madiun
  • Puput Jianggimahastu Larastika Suryanto Universitas PGRI Madiun
  • Erlik Widiyani Styati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/bac.v2i1.18303

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat, pendampingan, kurikulum merdeka, guru SD

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka berjalan sangat cepat di lapangan sehingga diperlukan pendampingan dari berbagai pihak untuk percepatan implementasi kurikulum merdeka di SD. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan tujuan melalui Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kawedanan Magetan. Kegiatan ini dilaksanakan di pusat kegiatan guru (PKG) pada UPTD Kecamatan Kawedanan dan pengarahan pada implementasi merdeka belajar yang sesuai bagi guru sekolah dasar tingkat atas dan bawah sehingga implementasi merdeka belajar menjadi lebih nyata. Metode yang di gunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hal ini dilakukan berangkat dari permasalahan bapak dan ibu guru SD pada kelas rendah dan kelas tinggi dalam lingkungan sekolah dasar dibawah UPTD yang sedang mempunyai permasalahan dan bisa diamati serta diverifikasi secara nyata pada saat berlangsungnya kegiatan pengabdian. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan ini berhasil dengan sangat memuaskan karena peserta pelatihan telah menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru di lingkup Kecamatan Kawedanan dalam memahami implementasi kurikulum khususnya dalam perangkat pembelajaran yang sesuai yaitu penyusunan modul ajar yang benar. Kekurangan dalam pengabdian ini adalah bahwa durasi yang diminta dalam pendampingan dijadwalkan lebih lama dan materi yang diberikan dikembangkan dalam hal penyusunan LKPD yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus Tangga Daga. (2022). Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka

Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary Scholl Educarion Journal) Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi

Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.

Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Pamujo. (2022). Pelatihan Pembuatan RPP Merdeka Belajar Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammadiyah Kramat. Semnas Lppm, 4, 1–15.

https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/385%0Ahttps://semnaslppm.u

mp.ac.id/index.php/semnaslppm/article/download/385/374

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru

dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles