Pemberian Kosakata dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada Siswa-Siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depok

Authors

  • Sjafty Nursitti NP Maili Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Mayang Pipiet Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dewi Mutiara Indah Ayu Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/bac.v1i1.14887

Keywords:

TPR, Siswa, Motivasi, Lagu

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan materi bahasa Inggris dengan menggunakan metode Total Physical Response dan lagu . Dalam mengadakan pengabdian masyarakat ini, judul “Pemberian Kosakata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada siswa - siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depokâ€. Langkah- langkah rencana kegiatan adalah sebagai berikut; 1) Perencanaan, Persiapan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dituangkan dalam perencanaan; 2) Pelaksanaan, Setelah kami merencanakan dengan matang, selanjutnya kami melaksanakan kegiatan. Dan penerapan pelatihan kami membagi dalam tahap-tahap kegiatan adalah sebagai berikut; a) Kegiatan ke 1; dalam kegiatan pertama, kami memberikan bahasa Inggris menggunakan Metode TPR; b.) Kegiatan Ke 2; Kami memberikan lagu dalam bahasa Inggris 3) Pendampingan, Dalam tahap pendampingan kami siap membantu apabila meminta kami kembali untuk mengadakan pelatihan yang serupa.

Downloads

References

Aziz Fachrurrozi & Erta Mahyudin (2016). Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional & Konteporer. Penerbit PT RajaGrafindo Persada Jakarta.

Maili, S (2022). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris SD (TPR Method). Gogyen Publishing. Yogyakarta

Richards, Jack C and Theodore S. Rodgers (2003). Approaches and Methods in Language Teaching, New York: Cambridge University Press.

Salliyanti (2004). Penggunaan bahasa Indonesia dalam lirik lagu. Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles