Pelatihan Penulisan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Darurat Pada MGMP Bahasa Inggris Kota Madiun

Authors

  • Erlik Widiyani Styati Universitas PGRI Madiun
  • Lulus Irawati Universitas PGRI Madiun
  • Embun Titis Sarining Ratri Universitas PGRI Madiun
  • Selly Mareta Sephiana Universitas PGRI Madiun
  • Ananda Yasmin Hanun Universitas PGRI Madiun
  • Angela Valentiara Giofanny Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/bac.v1i1.14505

Keywords:

pelatihan, perangkat pembelajaran, kurikulum merdeka, bahasa inggris SMK

Abstract

Akibat masuknya virus Covid-19 di Indonesia, dalam bidang pendidikan khususnya kurikulum pun mengalami perubahan. Perubahan kurikulum di Indonesia ini digunakan untuk membatasi interaksi antar sesama manusia untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Kurikulum ini disebut kurikulum darurat. Tujuan melaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum darurat pada MGMP bahasa Inggris SMK Kota Madiun. Metode yang di gunakan metode pelatihan ini adalah metode kualitatif. Peserta pelatihan terdiri dari 30 guru Bahasa Inggris SMK Kota MAdiun. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta pelatihan peserta paham jam dan durasi mengajar, sumber pengembangan bahan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, dan media dan sumber belajar. Pelatihan yang diadakan berlangsung dan berjalan lancar. Materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan guru Bahasa Inggris SMK dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Materi kegiatan pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan. Penyediaan modul yang diberikan kepada peserta pelatihan untuk memberikan gambaran dalam menyusun perangkat pembelajaran kurikulum darurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, S. (2021). THE 2013 CURRICULUM IMPLEMENTATION IN ENGLISH TEACHING

LEARNING IN SMPN 1 ADIPALA IN THE ACADEMIC YEAR 2020/2021. Aplinesia (Journal of Applied Linguistics Indonesia), 5(1), 13-17.

Astri, A., Harjono, A., Jaelani, A. K., & Karma, I. N. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam

Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 175-182.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan

Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49-56.

Hapsari, F. I. (2021). THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM OF ENGLISH TEACHING IN

PANDEMIC ERA. Aplinesia (Journal of Applied Linguistics Indonesia), 4(1), 32-37.

Jaedun, A., Haryanto, V. L., & Rahardjo, N. E. (2014). An evaluation of the implementation of

Curriculum 2013 at the building construction department of vocational high schoos in Yogyakarta. Journal of Education, 7(1).

Mansurdin, M., Helsa, Y., & Desyandri, D. (2019, December). Primary School Teachers Problems in

Implementation of Curriculum 2013. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 672-677). Atlantis Press.

Mansurdin, M., Helsa, Y., & Desyandri, D. (2019, December). Primary School Teachers Problems in

Implementation of Curriculum 2013. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 672-677). Atlantis Press.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.

Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa

Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285-291.

Rohmah, L. (2019). Challenges in Implementing the 2013 English Curriculum Faced by English

Teachers at Junior High Schools in Surabaya (Doctoral dissertation, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA).

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan

pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22.

Songbatumis, A. M. (2017). Challenges in teaching English faced by English teachers at MTsN

Taliwang, Indonesia. Journal of foreign language teaching and learning, 2(2), 54-67.

Taha, M. H., Abdalla, M. E., Wadi, M., & Khalafalla, H. (2020). Curriculum delivery in Medical

Education during an emergency: A guide based on the responses to the COVID-19 pandemic. MedEdPublish, 9(1), 69.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles