PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR MATA KULIAH SEMANTIK MAHASISWA STKIP PGRI TRENGGALEK

Bagas Baharsah, Flora Puspitaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh media Google Classroom terhadap keberhasilan belajar mata kuliah Semantik mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat korelasi sebab-akibat. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 5 yang mengambil mata kuliah Semantik dengan total 19 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara tentang media Google Classroom dan keberhasilan belajar mata kuliah Semantik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis yang menggunakan uji One Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 23. Angket yang sudah diberikan sebelumnya sudah melalui tahap pengujian yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan belajar mata kuliah Semantik dengan ditunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Selain itu hasil analisis regresi linier sederhana mendapatkan tingkat pengaruh 62,1% terhadap variabel keberhasilan belajar dan tingkat keberhasilan belajar mahasiswa berada pada kategori sedang. Namun masih terdapat 37,9% tingkat pengaruh yang disebabkan oleh faktor lain. Adapun hasil wawancara secara garis besar masalah yang dialami oleh mahasiswa kurang lebih sama, mulai dari kendala jaringan dan materi kurang dapat dipahami.


Keywords


Google Classroom, Keberhasilan Belajar

Full Text:

PDF

References


Nirfayanti, dkk. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (1), 51.

Nisa, Ula. 2019. Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas). 2 (2), 185-186.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Djamarah, Aswan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract has been read : 228 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats