IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PAUD

Nunik Suryantini, Bambang Eko Hari Cahyono, Sigit Ricahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan implementasi metode pembelajaran sugestopedia dan Total Physical Response (TPR) untuk mengembangkan  kemampuan berbicara siswa PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa usia 4-5 tahun PAUD Joy Kota Madiun. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode suggestopedia dan total physical response TPR adalah metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19, maka diharapkan agar dikembangkan implementasinya pada kelompok usia yang berbeda dan aspek perkembangan anak yang lain.

Keywords


Sugestopedia, Total Physical Response, Kemampuan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Andhyani N.W.S, (2018) Metode Total Physical Response (TPR) untuk Pengembangan Kemampuan Mendengarkan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini, Jurnal Pratama Widya, Vol. 3, NO. 2.

Aprinawati, I. (2017) Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 Issue 1 (2017) Pages 12 – 18

Bilfaqih, Yusuf Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring oleh Yusuf Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin.--Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta: Deepublish, Agustus 2015.

Cahyono, Bambang Eko Hari (2011) Sugestopedia: Pendekatan Pengajaran Bahasa kedua yang Bersifat Humanistik, Jurnal Pendidikan, FPBS IKIP PGRI Madiun.

Cahyono, Bambang Eko Hari (2015). “Model Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Pengembangan Kreativitas bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Se-Eks Karesidenan Madiun”. Hasil Penelitian Hibah Doktor Kemenristekdikti (tidak diterbitkan).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta 2014.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta 2014.

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 bterhadap Implementasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020, Universitas Kristen Satya Wacana.

Fachrurrozi, A. (2017). Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Konteporer, Jakarta. Rajawali Pers.

Imamah, FU. (2014). Pengaruh Penggunaan Kombinasi Metode Pembelajaran Discovery Learning Dan Brain Storming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Himpunan, EduMa Vol.3 No.1 Juli 2014.

Jurnal Pendidikan Universitas Garut (2015) , Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Karlina, D.N. (2016) Meningkatkan Kemampuan Berbicara adak Usia 5-6 tahun melalui Digital Story Tellingdi TK, Jurnal Pendidikan Usia Dini,

PG PAUD, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Khunaifi, A.R. (2015), Penggunaan Metode Sugestopedia dengan musik klasik terhadap minat belajar Bahasa Inggris, Pedagogik Jurnal Pendidikan, Oktober 2015, Volume 10 Nomor 2.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan Tinggi, Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 3, No. 1, Desember 2017, Universitas Jambi.

Miles, J.A. dan Huberman, P. (2017). Metode Kualitatif. Jakarta: UI Press, Jurnal Potensia PAUD, | UD FKIP UNIB Vol 2 No.14 UD FKIP UNIB Vol 2 No.1.2017.

Mulyanah Y.W. (2018) Penerapan Metode Total Physical Response dalam Penguasaan Kosa kata Bahsa Inggris Sekolah Dasar, JPSD Vol. 4 No. 2,

Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode dan Kreatifitas Guru terdadap Prestasi Siswa Madrasah Aliyad di kabupaten Tasikmalaya, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Sari, E.M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Lirik Lagu, Jurnal Ilmiah Potensia, 2016, Vol 1 (1), 35-40.

Sariyati, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Soleh, Dwi Rohman. (2016). Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Jurnal Widyabastra, Vol. 4., No.2.

Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

STKIP. (2014). Pengaruh Metode Sugestopedia dan Motivasui Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Soiswa SMA, Jurnal Ilmiah SEMANTIK Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Taufiq M.T.P. (2018) Pelaksanaan Model Pembelajaran Totally Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Speaking dalam bahasa Inggris Siswa Kelas X MIA 3 MA Negeri 1 Subang tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Guru FKIP Universitas Subang, Volume 1 No. 2 Oktober 2018.


Article Metrics

Abstract has been read : 232 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats