KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS DI SDN TANJUNGREJO 02 KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN)

Hesti Kurniawati, Bambang Eko Hari Cahyono, Aris Wuryantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap KI dan KD, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan alat penilaian pada kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Yang dimaksud kasus adalah fenomena kompetensi guru SDN Tanjungrejo 02 Kecamatan Kebonsari dalam menyusun RPP Bahasa Indonesia. Penelitian studi kasus dilakukan dengan mengumpulkan berbagai informasi yang akan diolah dan dideskripsikan serta menghasilkan suatu solusi jika terdapat masalah dalam fenomena yang diteliti. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil wawancara dan dokumen berupa RPP serta dokumen lain yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah paham terhadap KI dan KD, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan alat penilaian pada kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru terus meningkatkan kompetensi diri melalui inovasi-inovasi yang baru.


Keywords


Kompetensi Guru, RPP Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2013). Panduan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2014). Panduan Teknis Penyusunan RPP. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., dan Sumarsono, P. (2016). Belajar & Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyana, E. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Rhineka Cipta

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Rosdakarya

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru.

Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SD/MI.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Rahardjo, M. (2015). Bahasa itu Apa? (Materi Kuliah Sosiolinguistik) (online). (https://www.uin-malang.ac.id/r/150201/bahasa-itu-apa-materi-kuliah-sosiolinguistik.html. diunduh 20 Juli 2020).

Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. (Buku online). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Program Pascasarjana. (https://core.ac.uk/reader/80816930, Diunduh 28 Agustus 2020).

Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Soleh, Dwi Rohman. (2021). Optimization of Drama Learning Model based On ‘Dongkrek’. AJHSSR Journal. Vol. 5 (5). Pp. 388-391.

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Suryani, Janie Irma. (2017). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Bermain Peran untuk Pemahaman Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis (online). Pasca Sarjana Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (http://digilib.unila.ac.id/29127/, Diunduh 27 Juni 2020).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract has been read : 482 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats