PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD NEGERI DI KABUPATEN PONOROGO

Bifing Very Agustina

Abstract


Keterampilan pemahaman membaca sangat penting untuk menguasai kemampuan akademis lainnya. Keterampilan ini mencakup pemahaman konkrit tentang bacaan. Rendahnya nilai belajar siswa dipengaruhi oleh keterampilan ini. Dalam kegiatan pembelajaran, keterampilan membaca pemahaman dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan emosional. Secara khusus, penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian; (1) apakah ada pengaruh model PBL terhadap kecerdasan emosional siswa; (2) apakah ada pengaruh model PBL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kecerdasan emosional siswa; dan membuktikan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode penelitian kuantitatif dianggap mampu menjawab setiap pertanyaan penelitian. Teknik tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi yang melibatkan semua responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa secara parsial model pembelajaran berbasis masalah dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Kecerdasan Emosional, Keterampilan Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Abbas, Taufik. (2006). Brainware Management. Jakarta: P.T. Gramedia.

Alwasilah, A. Chaedar. (2002). MKU Bahasa Indonesia Gagal: Studi Kasus Penulisan Skripsi. Bandung: Aksara.

Anshori, Ahmad. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach. Seventh Edition. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Gitosaroso, Adi. (2012). Genius Learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia.


Article Metrics

Abstract has been read : 143 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats