ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBUMI DESA MACAJAH KECAMATAN TANJUNGBUMI KABUPATEN BANGKALAN

Fadilatul Maramah, Kusmiyati Kusmiyati, Boedi Martono

Abstract


Kesantunan berbahasa merupakan suasana berinteraksi menyenangkan dan komunikasi dapat berjalan dengan baik sedangkan pragmatik merupakan kajian dalam ilmu linguistik yang membahas mengenai kemampuan pemakaian bahasa dalam tuturan seorang mitra tutur.Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis suatu kesantunan berbahasa siswa dengan siswa dan siswa dengan guru di SMA Negeri 1 Tanjungbumi Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan, yang terdiri dari maksim kebijaksanaan, maksim, kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian, oleh karena itu peneliti menggunakan metode deskriptif sehingga hasil dari penelitian ini diuraikan dari masing-masing maksim yang ada pada tuturan siswa dengan siswa dan siswa dengan guru di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tanjungbumi.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.Hasil penelitian yang didapatkan ini dari maksim kesantunan berbahasa tuturan siswa dengan siswa dan siswa dengan guru di SMA Negeri 1 Tanjungbumi tepatnya di kelas XI IPA 1 tahun akademik 2019/2020 dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas ataupun kegiatan di luar kelas. Dalam data penelitian ini yang paling banyak ditemuakan adalah maksim penghargaan.


Keywords


Kesantunan Berbahasa, Prinsip Kesantunan, Pragmatik

Full Text:

PDF

References


Mardiana Rosanti, Sisilya Saman, dan Amriani Amir. 2013. “Realisasi Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Pinyuh”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 9, Hlm. 1-13.

Dr. R. Kunjana., Rahardi, M. HUM. 2002. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subroto, Edi. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mahsun, 2014. Metode Penelitian Bahasa: Tahap Strategi Metode, dan Tekniknya, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract has been read : 242 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i2.8110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats