ANALISIS FUNGSI TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DI TK YUNIOR MANYAR REJO, KELURAHAN MENUR PUMPUNGAN KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA

Okky Indra Pratama, Sri Utami, Nuril Huda

Abstract


Tindak tutur merupakan suatu kajian ilmu yang dibahas dalam pragmatik yang melibatkan pembicara, pendengar ataupun penulis, pembaca serta yang dibicarakan. Sedangkan pragmatik sendiri merupakan kajian dalam ilmu linguistik yang membahas terkait makna dan maksud serta penafsiran tuturan seorang mitra tutur. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis suatu “Fungsi Tindak Tutur Guru dan Siswa di TK Yunior Manyar Rejo, Kelurahan Menur Pumpungan Kecamatan Sukolilo Surabaya”. Penelitian ini membahas terkait fungsi tindak tutur yang meliputi fungsi asertif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan metode simak bebas libat cakap dengan cara melakukan perekamanperistiwa pertuturan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan alat berupa handphone, dan metode simak libat cakap yakni dalam melakukan bentuk wawancara kepada guru kelas TK B dan kepala sekolah untuk mendapatkan data pendukung. Berdasarkan hasilpenelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan data fungsi tindak tutur asertif yakni berupa tuturan melaporkan, pernyataan, menyarankan, dan menawarkan, fungsi tindak tutur komisif yakni berupa tuturan mengusulkan sesuatu, fungsi tindak tutur direktif yakni berupa tuturan memerintah, menasihati, melarang, mengajak, dan menyarankan, fungsi tindak tutur ekspresif yakni berupa tuturan ucapan terima kasih, ucapan selamat, pujian, kritikan, dan permohonan maaf dan fungsi tindak tutur deklaratif yakni berupa tuturan menghukum dan menetapkan.


Keywords


Tindak Tutur, Pragmatik

Full Text:

PDF

References


Christiandy, S. Y. 2014. Analisis Tindak Tutur Kru Bus dengan Penumpang Bus Jurusan Yogyakarta-Parangtritis.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rani, Abdul, dkk. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Banyumedia.

Riyanto, Subur. 2015. Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Radio di Kota Kebumen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Subroto, Edi. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yahya, Iwan Khairi. 2013. Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Mlati Sleman Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliana, dkk.2013. Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Article Metrics

Abstract has been read : 465 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i2.8109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats