INTERFERENSI BAHASA INDONESIA PADA ACARA “MY TRIP MY ADVENTURE” DI TRANS TV EDISI BULAN MARET TAHUN 2019 (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Gita Nurhana, Dwi Rohman Soleh, Eni Winarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi bahasa Indonesia pada acara My Trip My Adventure edisi bulan Maret 2019. Selain itu, untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya interferensi bahasa Indonesia pada acara My Trip My Adventure edisi bulan Maret 2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2019 dan menganalisis sebanyak lima episode acara TV My Trip My Adventure. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari acara TV My Trip My Adventure. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa pengumpulan data observasi nonpartisipasi (no involvement). Teknik analisis data menggunakan content analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan inteferensi yang terdapat dalam acara My Trip My Adventure adalah interferensi fonologi yang ditemukan berjumlah 19 data, kemudian interferensi morfologi yang ditemukan berjumlah 13 data, dan interferensi sintaksis berjumlah 35 data. Penyebab terjadinya interferensi bahasa Indonesia pada acara My Trip My Adventure adalah yang pertama karena keterbatasan kemampuan penutur dalam berbahasa Indonesia, dan yang kedua karena kedwibahasaan penutur.


Keywords


Sosiolinguistik, Interferensi Bahasa, Acara TV

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2009). Analisis Pemakaian Interferensi Pada Rubrik Bianglala Majalah Anninda (Skripsi). Medan: Fakultas Sastra USU. (https://www.researchgate.net/ , diunduh pada tanggal 2 Maret 2019).

Aslinda dan Leni Syafyahya. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT RefikaAditama.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ismawati, E, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sasra Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Mabruri, Anton. (2013). Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Non-Drama, News, & Sport. Jakarta: PT Grasindo.


Article Metrics

Abstract has been read : 1643 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i01.6763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats