DISKRIMINASI PEREMPUAN DALAM BUDAYA BALI PADA NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI

Nuzul Aulad, Panji Kuncoro Hadi, Yunita Furinawati

Abstract


Diskriminasi perempuan merupakan sebuah tindakan ketidakadilan terhadap perempuan diakibatkan faktor gender. Tindakan diskriminasi terhadap perempuan masih sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bahkan di lingkungan keluarga. Banyak faktor terjadinya diskriminasi perempuan, salah satunya sistem sosial yang dianut masyarakat Bali, yaitu patriarki. Diskriminasi perempuan juga terdapat dalam karya sastra. Salah satu karya sastra yang berlatar cerita tentang budaya Bali serta mengangkat masalah diskriminasi perempuan adalah novel Tempurung karya Oka Rusmini. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk diskriminasi perempuan dalam budaya Bali pada novel Tempurung karya Oka Rusmini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sastra. Objek dalam penelitian ini berupa novel Tempurung karya Oka Rusmini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kritik sastra feminis. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap persiapan, pelaksaaan, serta penyelesaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis atau analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, perempuan Bali mengalami diskriminasi akibat sistem patriarki yang menempatkan perempuan di bawah dominasi laki-laki. Bentuk diskriminasi yang dialami berupa marjinalisasi, subordinasi, stereotip negatif, beban ganda, dan kekerasan fisik maupun psikis.


Keywords


Diskriminasi Perempuan, Kritik Sastra Feminis, Budaya Bali.

Full Text:

PDF

References


Aryanata, N. Trisna. “Budaya dan Perilaku Berjudi: Kasus Tajen Di Bali”. JURNAL ILMU PERILAKU, Vol. 1. No. 1, 2017, hlm 11-21.

Budawati, Ni Nengah. “Sejarah Hukum Kedudukan Perempuan Dalam Perkawinan Menurut Adat Bali (Kaitannya Dengan Perkawinan Nyentana beda Wangsa)”. Jurnal Magister Hukum Udayana, Vol 5 No. 2 juli 2016, hlm 301-320.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service.

Fulthoni dkk. (2009). Memahami Diskriminasi. Jakarta: The Indonesian Legal Resource Center (LRC).

Mustika. “Diskriminasi Terhadap Beberapa Perempuan Dalam Perspektif Feminisme Multikultural: Kajian Terhadap Novel Scappa Per Amora Karya Dini Fitria”. Jurnal Poetika, Vol. IV No. 1 Juli 2016, hlm 33-41.

Rusmini, Oka. (2010). Tempurung. Jakarta: Grasindo.

Sugihastuti Suharto. (2010). Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 3449 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i2.5943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats